Pilgub Sumut

Cawagub Sihar Sitorus Jadi 'Nelayan', Mengarungi Laut Wilayah Tapanuli Tengah

Sihar Sitorus mengarungi laut pada pukul 11 malam, dan menempuh perjalanan sepanjang 45 menit sekali perjalanan,

TRIBUN MEDAN/Royandi Hutasoit
Sihar Sitorus saat turun ke laut 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Royandi Hutasoit

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN-Menaiki kapal motor, Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara, Sihar Sitorus, mengarungi Laut Tapanuli Tengah untuk ikut mengambil ikan bersama nelayan Desa Hajoran, Kecamatan Pandan, Kamis dini hari (29/3/2018)

 Sihar Sitorus berangkat dari kampung nelayan di Desa Hajoran dan naik kapal motor sejauh 15 kilometer untuk turut menangkap ikan teri di bagan tancap (alat tangkap ikan teri berupa jaring apung) milik nelayan lokal.

 Bagan tancap dibangun di tengah laut oleh nelayan, dan diberikan penerangan untuk memancing perhatian ikan teri. Saat ikan berkumpul karena cahaya lampu, jaringnya diangkat untuk mengambil ikannya.

 Sihar Sitorus mengarungi laut pada pukul 11 malam, dan menempuh perjalanan sepanjang 45 menit sekali perjalanan, dan turut menangkap ikan teri di atas bagan tancap selama 30 menitan.

 Sepanjang jalan, kapal motor yang ditumpangi Sihar Sitorus tampak oleng-oleng, yang membuat seisi kapal motor khawatir, tak terkecuali dengan Sihar Sitorus. 

 Namun ,semangat Sihar Sitorus untuk menyelami kehidupan nelayan mengalahkan ke khawatiran sepanjang perjalanan.

Baca: Arseto Pariadji Jadi Tersangka dan Ditahan, Tuding Relawan Jokowi Jual Undangan

Baca: Hashim Bocorkan Cawapres Prabowo, Ada Nama Gatot Nurmantyo dan Anies Baswedan

 Sesampai di bagan tancap, Sihar menaiki tangga kayu, dan memasuki rumah pondok yang berdiri di atas bagan tancap, dia pun turut menarik jaringnya. Hasil tangkapan pada malam hari ini yaitu satu ember ikan teri. 

 Sihar tampak bersemangat saat bersama-sama nelayan menarik jaringnya. Senyumnya mengembang, dan sesekali dia tertawa lepas manakala melihat ikan memenuhi jaring jaring bagan tancap.

 Usai menangkap ikan, Sihar Sitorus bercerita hari ini dia mengetahui pahit getirnya nelayan, mengetahui mata rantai penangkapan ikan teri yang menjadi komoditas ekspor Indonesia, dan mengetahui hal-hal apa yang perlu dibenahi dari kehidupan nelayan.

 "Malam ini saya datang untuk meyaksikan seperti apa kehidupan nelayan, sudah saya saksikan bahwa pengorbanan mereka luar biasa. Saya sudah mengetahui mata rantai dunia perikanan kita," paparnya.

 Sihar pun mengutarakan dari keikutsertaanya bersama nelayan menangkap ikan teri di bagan tancap, ia bersama Djarot Saiful Hidayat sudah memiliki program untuk membuat nelayan tenang melaut, selalu sehat dan kantong nelayan tebal. 

 "Nasib nelayan harus meningkat," ujarnya.(ryd/tribun-medan.com)

Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved