Begini Silsilah Ompu Mamontang Laut, Pemilik Asli Tanah Sihaporas Sebelum Indonesia Merdeka

Ia generasi ke-8 dari Ompu Mamontang Laut yang turun-temurun tinggal di Sihaporas, atau generasi ke-16 dirunut dari Siraja Batak.

Begini Silsilah Ompu Mamontang Laut, Pemilik Asli Tanah Sihaporas Sebelum Indonesia Merdeka
Tribun Medan/Dedy Kurniawan
Perwakilan masyarakat Sihaporas tergabung dalam Lembaga Adat Keturunan Ompu Mamontang laut Ambarita Sihaporas (Lamtoras) melakukan pertemuan audiensi dengan Kepala Kantor Unit Pelayanan Teknis (UPT) Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Wilayah II Pematangsiantar Djonner Efendi D. Sipahutar di kantor UPT KPH di Jalan Gunung Simanumanuk Pematansiantar, Senin (9/4/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.COM, SIANTAR - Pemuka adat Sihaporas Hotben Ambarita, mengudar sejarah tanah leluhurnya yang dicaplok Belanda dengan membuka jejak silsilah para tetuanya.

Pemuka masyarakat adat Sihaporas ini adalah cicit dari Ompu Lemok. 

Ia generasi ke-8 dari Ompu Mamontang Laut yang turun-temurun tinggal di Sihaporas, atau generasi ke-16 dirunut dari Siraja Batak.

Diuraikan Hotben, Silsilah Keturunan Ompu Mamontang Laut Ambarita dapat diuraikan secara singkat sebagi berikut.

Pertama ia menikahahi Boru Sinaga, putri tuan Panahatan, di tepian Danau Toba, dekat Batu Gantung, di Sibaganding, berjarak kurang-lebih empat kilometer dari Parapat. Berhubung tidak ada keturunan, putra mau pun putri, atas izin ompung boru, Ompu Mamontang Laut kemudian menikahi Boru Sitio dari Simanindo, Pulau Samosir.

Baca: Belanda Caplok Tanah Adat Sihaporas dari Generasi Ke-5 Keturunan Ompu Mamontang Laut Ambarita

"Dari pernikahan kedua, lahirlah tiga anak laki-laki, yakni Si Sulung Ompu Sohailoan Ambarita menikahi Boru Sinaga yang berdomisili di Aek Batu, Sihaporas; anak penengah Ompu Jaipul Ambarita menikahi Boru Sinaga, tinggal di Sihaporas Bolon, dan Si Bungsu Ompu Sugara (Ompu Niujung Barita) menikahi Boru Sirait, berdomisili di Motung, Kabupaten Toba Samosir," urainya, saat beraudiensi bersama Kepala Kantor Unit Pelayanan Teknis (UPT) Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Wilayah II Pematangsiantar Djonner Efendi D. Sipahutar di kantor UPT KPH di Jalan Gunung Simanumanuk Pematansiantar, Senin (9/4/2018)

"Untuk menjelaskan bahwa keturunan Ompu Mamontang Laut Ambarita telah memasuki generasi ke-8 tinggal di Sihaporas, kita ambil contoh keturunan Ompu Jaipul, anak penengah. Anaknya dua yani, Ompu Niulah dan Ompu Niantan Ambarita. Terdapat tiga keturunan Op Niantan, yaitu sisulung Ompu Jahuta (meninggal tanpa keturunan), Ompu Jopul dan sibungsu Ompu Rumain," jelas Hotben.

Kemudian lahirlah anaknya, tunggal Ompu Lemok. Terdapat tiga putra Ompu Lemok, yakni Ompu Gabuk Ambarita, Ompu Rasmi, dan sibungsu Ompu Rudin.

Halaman
123
Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved