News Video

Lihat Peta Enclave Sihaporas 1916 Zaman Belanda, Lamtoras Semangat Pejuangkan Tanah Luluhur

Warga Sihaporas semakin semangat menuntut pengembalian tanah moyang mereka yang dicaplok penjajah Belanda pada tahun 1910-an.

Lihat Peta Enclave Sihaporas 1916 Zaman Belanda, Lamtoras Semangat Pejuangkan Tanah Luluhur
Tribun Medan
Perwakilan Lembaga Adat Keturunan Ompu Mamontang Laut Ambarita Sihaporas bertemu dengan Kepala Kantor UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Wilayah II Pematangsiantar 

TRIBUN-MEDAN.COM - Warga Sihaporas melalui perwakilan Lembaga Adat Keturunan Ompu Mamontang Laut Ambarita Sihaporas (Lamtoras) semakin semangat menuntut pengembalian tanah moyang mereka yang dicaplok penjajah Belanda pada tahun 1910-an.

Setelah penjajah pulang ke negerinya, tanah tersebut diambil alih pemerintah Republik Indonesia yang merdeka tahun 1945, kemudian diusahai PT Toba Pulp Lestari (TPL).

"Kita semakin semangat memperjuangkan tanah ompung kita agar dikembalikan. Ada sekitar 1.948 hektar dipinjam penjajah Belanda. Setelah Belanda pulang ke negerinya karena kalah perang, tanah Ompu Mamontang Laut diambil alih negara. Kami minta dikembalikan untuk dijadikan hutan adat sekaligus melestarikan tradisi Ompu Mamotang Laut," kata Ketua Lembaga Adat Keturunan Ompu Mamontang Laut Ambarita Sihaporas (Lamtoras) Judin Ambarita usai bertemu dengan pihak Kantor Unit Pelayanan Teknis (UPT) Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Wilayah II Pematangsiantar di hadapan warga perwakilan Lembaga Adat Keturunan Ompu Mamontang Laut Ambarita Sihaporas (Lamtroas) di kantor UPT KPH di Jalan Gunung Simanumanuk Pematansiantar, Senin (9/4/2018) siang.

Menurut Judin Ambarita, keturunan Ompu Mamontang laut sudah 8-11 generasi turun-temurun mendiami dan mengusahai tanah Sihaporas.

"Ompung kami, Ompu Mamotang Laut berasal dari Ambarita di Pulau Samosir, menyeberang ke Dolok Mauli, dekat Sipolha. Dari sana, naik ke balik bukit, dan dia membuat perkampungan Sihaporas sampai sekarang kami warisi. Ompung Mamontang Luat generasi ke-8 dari Siraja Batak, dan ke saya generasi ke-9 keturunan Ompu Mamotang Laut," kata Judin.

Simak videonya;

Baca: Begini Silsilah Ompu Mamontang Laut, Pemilik Asli Tanah Sihaporas Sebelum Indonesia Merdeka

Baca: Belanda Caplok Tanah Adat Sihaporas dari Generasi Ke-5 Keturunan Ompu Mamontang Laut Ambarita

Ayo subscribe channel YouTube Tribun MedanTV

Sebagai upaya melestarikan tradisi dan adat istiadat Batak Toba di Sihaporas, Kecamatan Pematang Sidamanik, Kabupaten Simalungun, keturunannya membentuk Lembaga Adat Keturunan Ompu Mamontang Laut Ambarita Sihaporas (Lamtoras) dibentuk.

Halaman
1234
Editor: Hendrik Naipospos
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved