Kakak Beradik Nekat Curi Motor, Manfaatkan Keramaian di Acara 'Atraksi Terjun Payung' TNI

Berpura-pura duduk di atas motor target yang mau digondol. Selanjutnya memasukkan "kunci T"

Penulis: Arjuna Bakkara | Editor: Salomo Tarigan
Tribun Medan/Arjuna Bakkara
Kedua tersangka (tengah) kasus pencuri sepeda motor, kakak beradik saat diamankan di Polres Taput, Kamis (11/4/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Arjuna Bakkara

TRIBUN-MEDAN.Com, TARUTUNG-Kakak beradik, EWH (39) dan AH (24) tak berdaya. Kedua pria yang  terlibat kasus pencurian sepeda motor, mendekam di Penjara Mako Polres Taput, Kamis (11/4/2018).

Barang bukti berupa dua unit sepeda motor Honda Supra X 125 nomor polisi BB 5157 BD Atas nama Osner Haloho dan BB 2879 LB atas nama Jannes Nababan, serta satu unit kunci T dan satu unit obeng turut diamankan.

"Terakhir mencuri pada Bulan Oktober 2017 yang lalu dari Mess HKI Komplek Stadion Tarutung ketika ada atraksi terjun payung yang di selenggarakan oleh Pangkostrad waktu itu,"ujar Kasub Bag Humas Polres Taput, Aiptu Walpon Baringbing.

EWH bertempat tinggal di Muara Nibung Jalur Gaja Sibolga dan adiknya AH berdomisili di Bagan Batu Propinsi Riau. Keduanya telah lama diburon Polisi.

Meski 'licin', akhirnya kedua tersangka berhasil ditangkap Sat Reskrim polres taput pada rabu 10 April 2018 dari Kecamatan Pandan Kabupaten Tapteng yang bekerja sama dengan Anggota Polsek Pandan.

Team yang dipimpin Ipda Gunawan Sembiring itu berhasil mengungkap pelaku, setelah adanya laporan kehilangan sepada motor jenis Supra X 125 milik Osner Haloho pada hari Selasa tanggal 10 April 2018 dari Aek Si Ancimun Tarutung.

 Kata Baringbing, penangkapan berhasil dari hasil penyelidikan dan informasi yang diperoleh petugas di lapangan.

Baca: Komisi IV DPR RI Soroti Program Bantuan Pangan Nontunai, Terkuak Masalah Berikut

Baca: Jika Dipercaya Jadi Kiper PSMS Gantikan Abdul Rohim, Begini Kata Dhika Bayangkara

Lalu team menghubungi jalur ke Sibolga. Pada hari selasa (10/4/2018). Polsek Padan berhasil mengamankan satu orang pelaku atas nama EWH saat melintas di jalan dan mengamankannya ke Polsek.

 Kata Baringbing, Selanjutnya Polsek Pandan menghubungi Sat Reskrim Polres Taput dan team pun meluncur ke Polsek Pandan menjemput pelaku. Dari hasil interogasi di polsek pandan, tersangka mengakui kalau pada hari selasa (10/4/2018), mereka telah  mencuri sepada motor jenis supra x 125 dari Sborong-borong Taput.

"Sedangkan sepeda motor tersebut masih di simpan di rumahnya dan juga adeknya sebagai temannya untuk mencuri masih di rumahnya," terang Baringbing. 

Dari keterangan tersebut, kata Baringbing petugas bergerak ke rumah tersangka dan berhasil mengamankan tersangka lain yaitu adeknya sendiri dan mengamankan satu unit sepeda motor Supra X 125 hasil curian dari siborong-borong.

Tersangka EWH mengaku, bahwa membawa adiknya sendiri ke Siborong-borong tujuan untuk mengambil sepeda motornya bukan untuk  mencuri. Pada saat mencuri sepeda motor, adiknya disuruh berdiri di jalan. 

Lalu tersangka pun berpura-pura duduk di atas motor target yang mau digondol. Selanjutnya memasukkan "kunci T" untuk membuka kunci sepeda motor. Kemudian mengajak adikya pulang ke Tarutung dengan mengendarai sepada motor hasil curiannya.

Namun, rencananya tak mulus. Diakuinya setelah tiba di Aek Siancimun pada hari yang sama, dirinya melintas dari aek Siancimun dan melihat ada pesta dan parkir beberapa unit sepada motor. Dia pun menyuruh adiknya untuk membawa motor curian dari Siborong-borong.

Dengan modus yang sama, tersangka EWH berpura-pura duduk di atas sepeda motor yang parkir lalu membuka dengan kunci T yang telah di persiapkan dan melarikan sepeda motornya. Tersangka mengakui kalau sudah sering melakukan pencurian sepeda motor dan yang terakhir pada bulan oktober 2017 yang lalu dari Mess HKI Komplek Stadion Tarutung ketika ada atraksi terjun payung yang diselenggarakan TNI (Pangkostrad) waktu itu.
(cr1/tribunmedan.com).

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved