infografis

STNK - SIM Palsu Dijual Mulai Rp 150 Ribu

Dalam pencetakan STNK dan BPKB kami ada percetakan. pokoknya pintar-pintarlah ke polisi.

STNK - SIM Palsu Dijual Mulai Rp 150 Ribu
tribunmedan.com
infografis : bobby 

TRIBUNMEDAN.com - Perdagangan surat-surat kendaraan bermotor seperti SIM, SNTK dan BPKB asli tapi palsu kini marak terjadi. Harga per satuan surat bervariasi mulai Rp 150.000 hingga Rp 750.000.

Pengedaran dokumen ilegal itu diduga melibatkan oknum polisi dan petugas Samsat. Pembelian laris-manis karena dikaitkan dengan maraknya jual-beli kendaraan tanpa surat-surat alias bodong.

"Tahun lalu, saya memalsukan surat-surat motor dan mobil. Semua bisa diatur karena kerja sama dengan oknum Samsat. Dalam pencetakan STNK dan BPKB kami ada percetakan. pokoknya pintar-pintarlah ke polisi.

Harganya pun lumayan, mulai Rp 150 ribu hingga Rp 750 ribuan per surat. Surat-surat tanpa unit kendaraan ini pun laris manis di pasar maya. Saban dilego pada salah satu grup jual-beli online selalu saja laku.

Terkait warga yang menjual surat-surat kendaraan karena unitnya telah hilang atau dicuri, ia mengatakan hal itu sah-sah saja. Menjadi salah, ketika surat itu digunakan untuk kendaraan lain.

"Intinya kalau beli kendaraan harus cek fisik dan cek surat-surat kendaraannya, agar masyarakat tidak tertipu. Dan hindarilah beli kendaraan secara online

Kasi STNK Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumut Kompol HM Ikhwan, memberi peringatan bagi penjual dan pembeli surat-surat tanpa unit kendaraan lengkap.

"Kalau ketahuan kendaraan tidak memiliki surat atau suratnya tak sama dengan nomor rangka/mesin kendaraan, akan kami tangkap," katanya saat disambangi di Samsat Putri Hijau, Medan, kemarin.

Ikhwan menyatakan, selain melayani kebutuhan masyarakat mengurus perpanjangan pajak, mereka juga membuka layanan cek fisik kendaraan, untuk memastikan apakah kendaraan bodong atau tidak.

"Kalau ada masyarakat ingin mengurus pajak dan balik nama, dan ketahuan nomor rangka atau mesinnya berubah atau tak sesuai pabrikan, orang tersebut diamankan beserta kendaraannya," ujarnya.

Editor: Bobby Silalahi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved