Kapolda Kunjungi Brimob Polda Sumut Peringati Hari Juang Benteng Huraba ke 69

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Paulus Waterpauw, berkunjung Ke Sat Brimob Polda Sumut di Jalan KH Wahid Hasyim

Kapolda Kunjungi Brimob Polda Sumut Peringati Hari Juang Benteng Huraba ke 69
(kiri-kanan) Kapolda Sumut, Irjen Pol Paulus Waterpauw salam komando bersama Dansat Brimob Kombes Pol Djajuli. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / M Andimaz Kahfi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Paulus Waterpauw, berkunjung Ke Sat Brimob Polda Sumut di Jalan KH Wahid Hasyim, untuk memperingati hari Juang Benteng Huraba Polri ke 69 tahun yang jatuh pada, Selasa (8/5/2018).

Dalam acara tersebut, selain dihadiri Kapolda Sumut, juga turut hadir para PJU Polda Sumut, Ketua PP Polri, Ketua Ikatan Benteng Huraba Sumut, Para Perwira, Brigadir serta Tamtama Sat Brimobda Sumut.

Kapolda mengatakan peringatan Hari Juang Benteng Huraba yang ke-69, semoga dapat memberikan motivasi dan semangat juang kepada generasi Muda Brimob Polri.

"Kita ingin generasi muda memiliki rasa patriotisme, cinta tanah air & semangat bela Negara," kata Paulus di Sat Brimob Polda Sumut, Selasa (8/5/2018)

"Sejarah pejuang Brimob Polri dan TNI beserta masyarakat tidak boleh dilupakan.
Karena pada (5/51949) terjadi pernah pertempuran hebat," tambahnya.

Diceritakan bahwa Benteng Huraba merupakan benteng pertahanan pertempuran pada masa Agresi Belanda setelah proklamasi kemerdekaan. Karena pada (5/5/1949) sekitar pukul 04.00 WIB adalah hari berkabungnya pejuang Mobrig yang sekarang menjadi Brimob dan TNI serta pejuang dan masyarakat lainnya, di Tapanuli Selatan.

Saat itu terjadi pertempuran yang sangat dasyat antara Brimob dan TNI serta pejuang dan masyarakat lainnya dengan militer belanda.

Bahkan pimpinan pasukan perlawanan pasukan Brimob dan TNI serta pejuang dan masyarakat lainnya melawan militer Belanda lewat Inspektur kelas I Mayor Mas Kadiran, yang menjabat sebagai Komandan Keresidenan Tapanuli yang berkedudukan di Penyabungan Tapanuli Selatan.

(cr9/tribun-medan.com).

Penulis: M.Andimaz Kahfi
Editor:
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved