Ramadan 1439 H

Hendri Jhon Minta Dinas Sosial Tak Tangkap-Lepas Gepeng

Beberapa pengemis sengaja menunggu jamaah masjid selesai menunaikan ibadah salat Jumat

Hendri Jhon Minta Dinas Sosial Tak Tangkap-Lepas Gepeng
Tribun Medan/ Liska Rahayu
Pengemis membuntuti jamaah Masjid Raya Al Mashun dan dimintai uang usai salat, Jumat (18/5). Tidak hanya orang tua, hal tersebut juga dilakukan oleh anak-anak. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Liska Rahayu

 TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Memasuki bulan suci Ramadan, di pusat-pusat keramaian, khususnya pusat perbelanjaan tak jarang dilihat banyak pengemis dan gelandangan (gepeng) meminta-minta. 

Hal ini tak terkecuali juga di beberapa masjid besar, misalnya Masjid Raya Al Mashun. Beberapa pengemis sengaja menunggu jamaah masjid selesai menunaikan ibadah salat Jumat.

Menanggapi hal ini, Ketua DPRD Kota Medan Hendri Jhon mengatakan, Dinas Sosial harus memberikan tindakan yang tegas terhadap pengemis dan gelandangan tersebut. Karena selama ini dirinya menilai kejadian ini terus berulang.

“Bagaimana mereka tegas untuk menindak pengemis itu. Kemudian jangan berulang-ulang. Tangkap, lepas, tangkap, lepas, begitu terus. Itu-itu juga pemainnya, enggak ada yang baru,” ujarnya, Jumat (18/5/2018).

Berdasarkan pantauan Tribun Medan, bukannya duduk menunggu ada yang memberi sedekah, pengemis-pengemis di Masjid Raya Al Mashun malah mendekati, bahkan membuntuti para jamaah dan meminta uang. Bukan hanya orang tua, hal tersebut juga dilakukan oleh pengemis anak-anak.

Hendri Jhon menambahkan, seharusnya Dinas Sosial memiliki data yang lengkap dan harus melakukan pengawasan terhadap gepeng, apakah mereka kembali ke jalanan atau tidak. 

Selain itu, dia juga mengimbau agar Dinas Sosial memahami persoalan gepeng agar dapat menemukan solusinya.

“Kalau permasalahannya memang karena ekonomi, cobalah dibina agar mereka punya kegiatan lain yang dapat menambah pendapatan. Anak-anak tanggung ya dibantu sekolahnya biar dia kembali ke sekolah, tetapi kita bantu mereka sekolahnya,” jelasnya.

Namun, Hendri menambahkan, ada pula yang turun ke jalanan untuk mencari uang, tetapi uang tersebut digunakan untuk hal-hal tidak bermanfaat seperti menghisap lem atau bahkan membeli narkoba.

Halaman
12
Penulis: Liska Rahayu
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved