Timun Suri Jadi Primadona Ramadan, Ini Khasiatnya

Bulan Ramadan biasanya dipenuhi oleh kudapan khas yang hanya bisa didapatkan saat waktunya (Ramadan) tiba

Timun Suri Jadi Primadona Ramadan, Ini Khasiatnya
Timun Suri menjadi salah satu buah pilihan untuk berbuka puasa (tribun-medan/Nanda Rizka S Nasution) 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Nanda Rizka S Nasution

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Bulan Ramadan biasanya dipenuhi oleh kudapan khas yang hanya bisa didapatkan saat waktunya (Ramadan) tiba.

Termasuk Timun Suri, buah yang banyak diincar oleh pembeli sebagai bahan minuman untuk berbuka puasa
Ditemui wartawan Tribun Medan di Pajak Sore Padang Bulan Jalan Jamin Ginting No 624, Padang Bulan, Medan Baru, Kota Medan, penjual Timun Suri yang akrab disapa Mamak Grace mengatakan minat pembeli di setiap bulan Ramadan selalu sama.

"Ya, naik turun lah. Tidak setiap hari sama. Biasanya orang-orang tertentu saja yang beli. Mereka yang suka atau berminat pun tidak membeli setiap hari," ujarnya, Senin (21/5).

Buah dengan nama lain Timun Aceh ini dianggap memberikan khasiat tersendiri untuk perut ketika diminum saat berbuka puasa. "Beda sama Timun biasa yang bisa membuat masuk angin," tambah Mamak Grace.

Timun Suri di Medan sendiri ditanam oleh petani di Hamparan Perak. Harga untuk satu buah Timun Suri berkisar Rp 6 ribu - Rp 8 ribu

"Umurnya Timun ini (Timun Suri) hanya 30 hari. Jika berbuah sebelum puasa, sebelum lebaran sudah habis," ujar perempuan berumur 40 tahun ini

Mamak Grace mengaku dahulu berjualan Timun Suri karena pemintaan orang. Karena diminati sampai sekarang, setiap Ramadan ia selalu menjual buah ini.

"Saya biasanya membeli di Pajak Sikambing," ungkapnya

Timun Suri sendiri dapat dinimkati dengan membuat Es Timun Suri yang berbahan utama potongan Timun Suri, es batu dan susu.

(cr17/tribun-medan.com)

Editor:
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved