Donasi Terus Melorot Sejak 2015, Dompet Dhuafa Tetap Optimistis Berjuang Membangun Madrasah

Setelah tahun 2015 donasi masyarakat untuk Dompet Dhuafa alami penurunan kendati tak signifikan.

Donasi Terus Melorot Sejak 2015, Dompet Dhuafa Tetap Optimistis Berjuang Membangun Madrasah
TRIBUN MEDAN/ALIJAH MAGRIBI
Halimah, Leader Dompet Dhuafa Sumut saat menceritakan program pembangunan sekolah 

Laporan Wartawan Tribun/Alija Magribi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Perjuangan dilakukan oleh Dompet Dhuafa Sumut untuk membangun Madrasah di STM Hulu, Kecamatan Tiga Juhar, Deliserdang.

Setelah tahun 2015 donasi masyarakat untuk Dompet Dhuafa alami penurunan kendati tak signifikan. Namun Dompet dhuafa bertekad untuk membangun Madrasah demi meningkatkan taraf pendidikan anak-anak pelosok Deliserdang.

"Kita berjuang membangun Madrasah di Tiga Juhar, Deliserdang. Kendala kita hadapi adalah adanya penurunan donasi masyarakat sejak tahun 2015. Meski demikian tekad kita tak akan surut untuk masyarakat," ungkap Halimah leader Dompet Dhuafa Sumut kepada Tribun Medan.

Halimah akui kekurangan donasi masyarakat tak hanya Dompet Dhuafa yang mengalaminya. Ia berkesimpulan lembaga nirlaba lain yang bergerak dengan konsep kemanusiaan alami kesulitan keuangan belakangan ini. saat ini Dompet Dhuafa kelola dana sekitar Rp 3,8 miliar, yang masih jauh dari target Rp 4 miliar yang pernah dicapai 2015 silam.

Selain keuangan, masalah pembangunan sekolah lainnya adalah faktor sosial. Halimah menuturkan faktor sosial sangat penting di daerah sekolah berdiri.

"Ada kesulitan mendirikan madrasah di tengah masyarakat non muslim di daerah Tiga Juhar, kita menghargai pikiran masyarakat dan kita akan berupaya diskusi untuk peroleh izin wakaf dari mereka,"
tambah Halimah.

Madrasah yang dibangun nantinya akan terdaftar Departemen Agama kabupaten Deliserdang. Dompet Dhuafa akan atur manajemen yang terbaik untuk kelola madrasah saat diresmikan.

Saat ini Dompet Dhuafa telah berusia 25 tahun. Perwakilan Dompet Dhuafa di Sumatera Utara yang berkantor di Komplek Kapten Muslim, Jl Kapten Muslim, Medan lahir tahun 2000. Selama mengabdikan diri untuk kemanusiaan kantor Dompet Dhuafa berpindah tempat beberapa tahun terakhir

Dompet dhuafa merupakan salah satu lembaga nirlaba milik masyarakat Indonesia yang bergerak di bidang kemanusiaan. Bidang yang dikembangkan Dompet Dhuafa adalah kesehatan, Pendidikan, Ekonomi dan sosial. (*)

Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved