Gramedia Kembali Adakan Reading Community Competition 2018

PT Gramedia Asri Media kembali mencari komunitas atau taman baca terbaik melalui Gramedia Reading Community Competition

Gramedia Kembali Adakan Reading Community Competition 2018
TRIBUN MEDAN/LISKA RAHAYU

Laporan Wartawan Tribun Medan/Ayu Prasandi

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN- PT Gramedia Asri Media kembali mencari komunitas atau taman baca terbaik melalui Gramedia Reading Community Competition (GRCC) 2018. 

 Acara ini pertama kali digelar pada tahun 2016 dengan total peserta 815 komunitas atau taman baca dari seluruh Indonesia, dan telah terseleksi 17 pemenang.

 Public Relations Gramedia, Azas Rifai, mengatakan, Gramedia Reading Community Competition merupakan sebuah kompetisi untuk mencari komunitas atau taman baca atau komunitas yang bergerak di bidang sosial atau pendidikan terbaik. 

“Selanjutnya, para pemenang ini akan mendapatkan hadiah berupa development funding senilai total Rp.140 juta untuk seluruh pemenang, bantuan buku 3 periode selama 1 tahun, dan kesempatan bekerja sama dengan Gramedia dalam berbagai acara bertema literasi,” ujarnya, Rabu (23/5/2018).

Ia menjelaskan, untuk menjadi pemenang dalam kompetisi ini, para peserta harus memiliki kreativitas dalam kegiatannya, konsisten dalam melakukan program kerja, dan memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar. 

“Langkah awal yang harus mereka lakukan adalah menulis esai mengenai profil komunitas atau taman baca seperti latar belakang didirikannya, tujuan, struktur organisasi, dan sebagainya, kisah inspiratif yang pernah dialami dan kegiatan atau program kerja masing-masing yang dibuktikan dengan foto,” jelasnya.

Ia menerangkan, di tahun 2017, Gramedia bekerja sama dengan para pemenang GRCC 2016 untuk melakukan kegiatan literasi di seluruh lokasi pemenang. 

“Selain itu, kolaborasi juga dilakukan dalam acara besar seperti Festival Pustaka Bergerak di Surabaya, Festival Literasi Jogja Istimewa di Yogyakarta, serta Festival Literasi Gramedia Hari Ibu di Lombok. Acara tersebut sukses diikuti oleh ribuan peserta,” terangnya.

Ia mengungkapkan, Tahun ini, pendaftaran peserta dibuka pada 15 April sampai 31 Mei 2018. Peserta dapat melakukan pendaftaran via online di website www.literasinusantara.com/ events dan mengunggah esai mereka disana. 

 “Proses seleksi dan penjurian GRCC 2018 sendiri akan dilaksanakan hingga bulan Agustus 2018, dan diakhiri dengan acara Awarding GRCC 2018 and Literasinusantara Charity Gala di bulan September nanti,” ungkapnya.

(pra/tribun-medan. com)

Penulis: Ayu Prasandi
Editor:
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved