Pilgub Sumut

Sihar Sitorus Melepas Ribuan Ikan ke Lubuk Larangan di Mandailing Natal

Sihar mengunjungi dua Lubuk Larangan yaitu Lubuk Larangan di Desa Laru dan Lubuk Larangan Desa Tamiang.

Sihar Sitorus Melepas Ribuan Ikan ke Lubuk Larangan di Mandailing Natal
TRIBUN MEDAN/ROYANDI HUTASOIT
Sihar Sitorus saat melepas ikan di Lubuk Larangan Desa Tamiang Kabupaten Mandailing Natal, Selasa (29/5/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Royandi Hutasoit

TRIBUN-MEDAN.com,MADINA - Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara, Sihar Sitorus saat blusukannya ke Kabupaten Mandailing Natal, mengunjungi Lubuk Larangan, yang menjadi kearifan lokal masyarakat di Kabupaten Mandailing Natal, Selasa (29/1/2018)

Sihar mengunjungi dua Lubuk Larangan yaitu Lubuk Larangan di Desa Laru dan Lubuk Larangan Desa Tamiang.

Di dua Lubuk Larangan ini Sihar Sitorus melepas ribuan ikan dan melakukan aktivitas memberi makan ikan-ikan yang sebelumnya sudah ada.

Lubuk Larangan ini merupakan sebuah arus sungai yang dijadikan seluruh warga di suatu desa sebagai lokasi pembudidayaan ikan, dimana nantinya ikan tersebut hanya bisa diambil oleh masyarakat setelah melakukan musyawarah dengan seluruh warga desa.

Seraya melepas ikan-ikan, Sihar mengutarakan kekagumannya dengan kearifan lokal Lubuk Larangan. Baginya kearifan lokal ini harus diwariskan ke anak cucu nantinya, dan pemerintah akan hadir untuk memastikan kearifan lokal ini lestari.

"Tujuan kita datang ke Lubuk Larangan ini adalah untuk melihat kekuatan budaya Sumatera Utara yang ada di Kabupaten Mandailing Natal. Untuk ukuran sekarang pemikiran akan Lubuk Larangan ini sangat luar biasa. Ini adalah wujud dari gotong royong masyarakat sekitar, dan harus dipertahankan," ujarnya.

Sihar mengutarakan hari ini dia banyak mendapat pelajaran yang kelak akan diterapkannya saat memimpin di Sumatera Utara.

"Kenapa ikan ini tidak lari? Karena habitat ikan untuk bergembira sudah tersedia. Ada arus, ada air tenangnya, ada air derasnya yang membuat ikan tidak meninggalkan habitatnya. Ketika ini ada, ikannya akan bergembira dan berkembang biak.

Menarik untuk dibawa ke pemerintahan Sumatera Utara. Ketika nanti Sumatera Utara membuat orang-orangnya berkreasi, mereka akan bergembira dan betah tinggal di Sumatera Utara, Djarot-Sihar akan bekerja keras untuk ini," ujar Sihar.

Halaman
12
Penulis:
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved