Aneh, Gurun Pasir di Arab Saudi Berubah bak Lautan, Video Ini Bikin Geleng Kepala

Rekaman video ini memperlihatkan bagaimana gurun pasir yang awalnya tandus berubah menjadi bak lautan.

Aneh, Gurun Pasir di Arab Saudi Berubah bak Lautan, Video Ini Bikin Geleng Kepala
Al-Arabiya
Hujan deras di Arab Saudi telah mengubah sejumlah kawasan padang pasir menjadi danau. 

TRIBUN-MEDAN.COM - Siklon Mekunu yang terjadi di Saudi Arabia telah mengubah dataran tandus padang pasir menjadi genangan air massif seperti halnya danau.

Salah satunya yang paling kentara bisa dilihat di Gurun Pasir Gund Al-Khali yang kini digenangi air akibat fenomena alam yang belum pernah terjadi selama hampir 20 tahun terakhir.

Siklon Mekunu telah mengakibatkan terjadinya hujan deras di sejumlah wilayah padang pasir semisal Al-Khareer, Thabltoun dan Um Al-Malh yang dikenal sebagai kawasan tandus di segitiga perbatasan antara Yaman dan Oman.

Sebagaimana dilansir Al-Arabiya, Selasa (29/5/2018), guyuran hujan ini terlihat jelas dalam salah satu unggahan seorang pengguna twitter.

Rekaman video ini memperlihatkan bagaimana gurun pasir yang awalnya tandus berubah menjadi bak lautan.

Ali Al-Hatish kepada Al-Arabiya mengatakan bahwa hujan yang turun di wilayah itu memang terhitung sangat deras. Bahkan ia mengaku belum pernah menyaksikan kondisi cuaca seperti itu setidaknya dalam dua dekade terakhir.

Adapun sebagian besar penduduk di wilayah ini menggantungkan hidupnya pada ternak unta. Dan hujan yang bersejarah ini merupakan faktor pendukung utama untuk peternakan unta dan pengolahan tanaman gurun musim panas.

Wilayah ini juga diharapkan bisa menjadi destinasi wisata baru terutama untuk mereka yang penasaran ingin mengabadikan fenomena alam langka dimana padang pasir kini tertutup air. Ini merupakan sebuah pemandangan yang sangat jarang terjadi.

Gurun berubah danau
Gurun berubah danau ()

Untuk menerima lebih banyak pengunjung yang akan tertarik untuk mengambil bidikan air yang menutupi padang pasir, sebuah pemandangan yang jarang terjadi.

Gurun Al-Khali merupakan gurun pasir terbesar di dunia. Ini terdiri atas wilayah pasir terbesar di dunia, yang meliputi sekitar seperempat dari permukaan daratan Kerajaan Saudi Arabia.

Gurun berubah
Gurun berubah ()

Cekungan yang terletak terutama di tenggara Arab Saudi merupakan tempat angin memainkan peranannya dalam membentuk formasi pasir di gurun. Semisal membentuk gundukan pasir yang bisa menjulang tinggi seperti pegunungan hingga ketinggian 450 meter. (*)

 Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Amazing! Padang Pasir di Saudi Ini Berubah Menjadi Danau, http://jateng.tribunnews.com/2018/05/29/amazing-padang-pasir-di-saudi-ini-berubah-menjadi-danau.

Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved