infografis

Cara Terbaik Atasi Putus Cinta, Begini Menurut Sains

Menurut pembacaan EEG, ketiga strategi tersebut secara signifikan mengurangi respons emosional

Cara Terbaik Atasi Putus Cinta, Begini Menurut Sains
tribunmedan
Ilustrasi Putu Cinta 

Foto Bob Lahi.

TRIBUN-MEDAN.com - Sebagai kondisi kontrol, para peneliti juga meminta peserta untuk tidak memikirkan apapun secara khusus.

Selanjutnya, para peneliti menunjukkan foto mantan masing-masing kepada para peserta. Intensitas emosi dalam menanggapi foto tersebut juga diukur menggunakan elektroda yang ditempatkan di belakang kulit kepala.

Pembacaan EEG dari potensi positif akhir (LPP) merupakan ukuran emosi dan perhatian termotivasi, atau pada tingkat apa orang terpikat oleh foto.

Para peneliti juga mengukur seberapa positif atau negatif yang dirasakan orang dan seberapa besar cinta yang mereka rasakan pada mantan dengan skala kuesioner.

Strategi Terbaik

Menurut pembacaan EEG, ketiga strategi tersebut secara signifikan mengurangi respons emosional orang-orang terhadap foto dibanding respons mereka dalam uji coba kontrol.

Namun, hanya orang yang melihat mantan kekasih mereka dalam cara negatif yang memiliki penurunan perasaan cinta. Sayangnya, dalam strategi pertama ini, peserta juga melaporkan berada dalam suasana hati yang lebih buruk.

Strategi pengalihan fokus teramati membuat orang merasa lebih baik secara keseluruhan. Hanya saja, cara ini tidak banyak mengurangi perasaan cinta terhadap mantan kekasih.

"Distraksi adalah bentuk pengalihan, yang telah terbukti mengurangi dampak pemulihan dari putus cinta," ungkap Sandra Langeslag, co-author penelitian ini dikutip dari Time, Selasa (29/05/2018).

Halaman
12
Editor: Bobby Silalahi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved