Hari Lahir Pancasila

Film Lima Kisahkan Toleransi Beragama, Keberagaman dan Penerapan Pancasila di Keluarga Indonesia

Film Lima yang merupakan arahan unit kerja Presiden untuk Pembinaan Ideologi Pancasila dan Lola Amaria Production

Film Lima Kisahkan Toleransi Beragama, Keberagaman dan Penerapan Pancasila di Keluarga Indonesia
Tribun Medan/Natalin
Pengunjung menunggu nonton Film Lima di Hermes XXI Jalan W. Mongonsidi Medan, Jumat (1/6/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Natalin

‪TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN-Peringatan hari lahir Pancasila yang jatuh pada hari ini, 1 Juni, menjadi pengingat awal dirumuskannya dasar negara.

Adapun, Film Lima yang merupakan arahan unit kerja Presiden untuk Pembinaan Ideologi Pancasila dan Lola Amaria Production ditayangkan serentak di Bioskop mulai Kamis 31 Mei 2018, untuk menyambut Hari Lahirnya Pancasila.

Konon, film ini diproduksi dengan dana gotong royong dari para sukarelawan, sehingga sangat diharapkan dukungan kita semua dengan membeli tiket untuk bertahannya film ini di bioskop-bioskop tanah air.

Film LIMA bermuatan tentang sila-sila Pancasila yang menyatakan bahwa masing- masing sila ditangani satu orang sutradara. Lola Amaria sebagai produsen sekaligus sutradara penanggung jawab sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa.

Baca: Ruben Onsu Sibak Tabir di Balik Rumor Pemecatan Raffi Ahmad dari Pesbukers, Netter: Gimmick

Baca: Zidane Kirimkan Pesan Menyentuh pada Seluruh Skuat Real Madrid, Cuma Pemain Bintang Ini Tak Membalas

Baca: Kala Rossi Raih Pole Position sedangkan Marquez Curhat, Siapa Jawara Malam Ini?

Baca: Ini Dia Zodiak yang Miliki Kemampuan Menghibur Orang Lain, Kamu Termasuk?

Baca: Mengulik 7 Fakta Tabrak Lari yang Dilakukan Pengemudi Toyota Alphard, Sempat Diamuk Massa

Baca: Denny Siregar, bila jadi Jokowi akan Sambangi Rumah Amien Rais: Mbah Marah-marah Mulu

Film Lima bertujuan untuk membangun budaya intolerance, ditengah bahaya intolerance. Kisah fiksi yang menggugah cinta, nyata terjadi sebagai cermin negeri kita, kalbu tak pernah keliru. Pancasila tetap menyala haru.

Film Lima sebagai karya lima sineas: Shalahuddin Siregar, Tika Pramesti, Lola Amaria, Harvan Agustriansyah dan Adrianto Dewo, yang bersatu dan bergotong royong menciptakan film yang kaya akan filosofi kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia, sebagai cerminan Bhinneka Tunggal Ika

Film Lima mengisahkan tentang pergulatan keluarga Indonesia dengan karut marut persoalan mengenai keberagaman, aturan agama, dilema pekerjaan, bullying, sampai pada pertanyaan mengenai masih adanya keadilan atau tidak untuk orang yang terpinggirkan.

Film Lima bercerita tentang sebuah keluarga yang masing-masing anggota keluarganya memiliki masalahnya tersendiri. Masalah-masalah mereka memiliki kedekatan dengan kita dalam berkehidupan sehari-hari. Mereka bergelut dengan permasalahannya, dan pada akhirnya semua kembali kelima hal mendasar yang kerap menjadi akar kehidupan mereka (dan kita) yaitu: Tuhan, Kemanusiaan, Persatuan, Musyawarah dan Keadilan.

Halaman
123
Penulis: Natalin Sinaga
Editor: Joseph W Ginting
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved