Idul Fitri 1439 H

Ribuan Warga Sesaki Medan Zoo, Ani Sebut Cocok dengan Isi Kantong

Pada hari kedua Lebaran, Sabtu (16/6/2018) sekitar pukul 13.00 WIB, lebih kurang seratusan orang tampak mengantre di dekat pintu masuk Medan Zoo

Ribuan Warga Sesaki Medan Zoo, Ani Sebut Cocok dengan Isi Kantong
Tribun Medan / Hendrik
Masyarakat mengamati satu di antara hewan koleksi Medan Zoo, Kamis (29/6/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Sally Siahaan

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Libur panjang perayaan Hari Raya Lebaran banyak dimanfaatkan warga Kota Medan untuk berlibur.

Bagi anda yang memiliki waktu dan budget lebih, bisa berkunjung ke beragam destinasi wisata yang berada di luar kota. Namun, bagi anda yang tidak memikiki waktu banyak, tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat wisata dalam kota.

Pada hari kedua Lebaran, Sabtu (16/6/2018) sekitar pukul 13.00 WIB, lebih kurang seratusan orang tampak mengantre di dekat pintu masuk Medan Zoo yang berada di Jalan Bunga Rampai, Simalingkar B.

Beberapa petugas tampak sedikit kewalahan memastikan jumlah pengunjung sesuai dengan jumlah karcis.

Selang beberapa menit, antrean berganti dengan wajah-wajah baru. Kebanyakan dari mereka datang bersama dengan keluarga besar. Mulai dari balita hingga usia lanjut.

Keadaan di dalam lokasi justru lebih ramai. Ratusan orang bersantai bersama dengan keluarga masing-masing di atas tikar yang mereka sewa.

"Kami sering ke sini. Dekat dari rumah, jadi lebih irit. Kalau liburan ke luar kota kan lebih mahal biayanya. Dan lagi, di sini keselamatan terjamin," ujar seorang pengunjung bernama Misbani Rangkuti, ketika ditemui Tribun-medan.com.

Baca: Libur Lebaran, Warga Medan Boyong Keluarga ke Bukit Kubu, Hamparan Rumput jadi Daya Tarik

Hal yang sama disampaikan oleh Ani. Ia yang datang bersama-sama dengan keluarga besarnya yang berasal dari luar kota Medan. Meskipun ini merupakan kunjungan yang kesekian kalinya, tapi bagi Ani dan keluarga, berkunjung ke Medan Zoo adalah pilihan yang tepat.

"Tiap lebaran ke sini. Kenapa? Karena kami mau ambil yang dekat-dekat saja, biaya terjangkau. Lagian, ada yang belum pernah ke mari," katanya

Khusus di perayaan Lebaran tahun ini, masing-masing pengunjung dikenai biaya Rp 20 ribu. Biaya tersebut berlaku mulai 15-24 Juni 2018. Jam operasionalnya dimulai pada pukul 08.00 WIB - 18.00 WIB.

Bidang Publikasi Medan Zoo, Aini Chaniago mengatakan, hingga pada pukul 14.00 WIB, ada sebanyak lebih kurang 7000 pengunjung yang mendatangi tempat ini. Ia memperkirakan, pengunjung hari ini hampir serupa dengan tahun 2017 lalu.

"Dibandingkan dengan hari-hari biasa, jumlah hari ini tentu lebih tinggi. Tapi kalau kita lihat persentase pengunjung tiap tahun, ada penurunan," tuturnya.

Perkiraan puncak pengunjung Medan Zoo pada Hari Raya Lebaran tahun 2018 ini akan terjadi pada Minggu (17/6/2018) besok. Aini berharap, bisa mendekati total pengunjung pada tahun 2012 lalu, yang mencapai angka 20 ribu.

(Cr12/tribun-medan.com)

Penulis: Sally Siahaan
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved