Piala Dunia 2018

Senegal Tumbangkan Polandia 2-1, Kesempatan Lolos lewati Babak Penyisihan

Senegal pernah berhasil lolos ke turnamen sepak bola antarnegara paling bergengsi di dunia itu pada edisi 2002

Senegal Tumbangkan Polandia 2-1, Kesempatan Lolos lewati Babak Penyisihan
HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLASPORT.COM/TABLOID BOLA
Para pemain Senegal merayakan gol mereka ke gawang Polandia dalam partai penyisihan Grup H Piala Dunia 2018 di Spartak Stadium, Moskow, 19 Juni 2018. 

TRIBUN-MEDAN.COM - Tim nasional Senegal memiliki tradisi apik pada setiap laga perdana yang mereka mainkan sepanjang sejarah keikutsertaan di ajang Piala Dunia.

 Sepanjang sejarah, timnas Senegal baru dua kali berhasil lolos ke putaran final Piala Dunia.

Selain Piala Dunia 2018, timnas Senegal juga pernah berhasil lolos ke turnamen sepak bola antarnegara paling bergengsi di dunia itu pada edisi 2002 yang digelar di Korea Selatan-Jepang.

Pada Piala Dunia 2002 yang merupakan debut mereka, timnas Senegal yang saat itu memiliki generasi emas sukses membuka mata dunia soal kualitas sepak bolanya dengan menembus babak perempat final.

 Generasi emas timnas Senegal tersebut diisi oleh para pemain seperti Tony Sylva, Ferdinand Coly, Aliou Cissé, Papa Bouba Diop, Salif Diao, Khalilou Fadiga, dan El Hadji Diouf.

Baca: Pencarian Penumpang Korban KM Sinar Bangun Menyulitkan Petugas, Dilanjutkan Pagi Ini

Langkah timnas Senegal pada saat itu terhenti oleh Turki yang finis sebagai peraih medali perunggu setelah menang 3-2 atas Korea Selatan di perebutan peringkat ketiga.

Pada Piala Dunia 2002, timnas Senegal tampil di laga pembuka menghadapi Prancis yang berstatus sebagai juara bertahan. Mereka berhasil meraih kemenangan 1-0 di Seoul World Cup Stadium.

Gol semata wayang Pape "Papa" Bouba Diop pada menit ke-30 menjadi awal kegemilangan timnas Senegal di Piala Dunia 2002.

 Hasil tersebut sekaligus menjadi awal kehancuran timnas Prancis yang saat itu tak mampu meraih satu pun kemenangan ataupun sekadar mencetak gol di Grup A.

Kini setelah 16 tahun berselang, timnas Senegal berhasil kembali tampil di Piala Dunia 2018 dan sukses mempertahankan tradisi apik di laga pembuka dengan mengalahkan Polandia lewat skor 2-1 di Stadion Spartak, Moskow, pada Selasa (19/6/2018).

Gol-gol kemenangan timnas Senegal di laga itu tercipta melalui bunuh diri Thiago Cionek (menit ke-37) dan torehan M'Baye Niang (60').

Sedangkan timnas Polandia hanya mampu membalas sekali melalui tandukan Grzegorz Krychowiak (86').

Selain sukses menjaga tradisi di laga pembuka, timnas Senegal juga berhasil memenangi 3 dari total 6 pertandingan yang mereka lakoni di Piala Dunia.

Hal tersebut membuat timnas Senegal menjadi wakil Afrika yang memiliki rekor kemenangan sebesar 50 persen.

Berita ini telah tayang di bolasport dengan judul: Timnas Senegal Sukses Jaga Tradisi Apik di Laga Pembuka Piala Dunia Seusai Tumbangkan Polandia

Editor: Salomo Tarigan
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved