Pimpin Langsung Apel Pagi, Idaham Pastikan ASN Bolos Mendapat Penundaan Pangkat

Idaham menegaskan, Pemerintah Kota Binjai akan memberikan sanksi kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak hadir pada hari pertama

Pimpin Langsung Apel Pagi, Idaham Pastikan ASN Bolos Mendapat Penundaan Pangkat
Tribun Medan / HO
Walikota Binjai Muhammad Idaham menerima audiensi Tim Koordinasi Pengawasan dan Pemeriksaan Kepatuhan terhadap Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kota Binjai di Balaikota Jalan Jenderal Sudirman No 6, Rabu (30/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.com, BINJAI - Pemerintah Kota Binjai menggelar apel gabungan perdana bersama seluruh Aparatur Negeri Sipil (ASN) pasca libur panjang 10 hari Lebaran. Walikota Binjai, Muhammad Idaham memimpin langsung apel yang digelar di Lapangan Balai Kota, Jalan Jendral Sudirman, Kamis (21/6/2018). 

Idaham menegaskan, Pemerintah Kota Binjai akan memberikan sanksi kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak hadir pada hari pertama kerja pasca libur lebaran. 

Sanksi yang diberikan sesuai yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS. Sanksi berupa peringatan hingga yang terberat adalah penundaan kenaikan pangkat.

"Waktu libur lebaran yang sudah diberikan pemerintah cukup panjang hingga 10 hari. Pemerintah Kota Binjai akan memberikan sanksi kepada ASN yang tidak hadir pada hari pertama kerja pasca libur lebaran. Sanksi yang diberikan sesuai yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS. Sanksi berupa peringatan hingga yang terberat adalah penundaan kenaikan pangkat," kata Walikota Binjai didampingi Wakil Walikota Timbas Tarigan, Sekda M Mahfullah Daulay, para pejabat eselon dan staf.

Idaham memerintahkan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk mengumpulkan seluruh daftar hadir dan memeriksa kehadiran ASN sesuai daftar yang telah ditandatangani. Semua ASN diabsen untuk memastikan kebenaran tanda tangan mereka di daftar.

"Jangan ada yang menandatangani absen rekannya yang tidak hadir," tegas Idaham.

Baca: Detik-detik Badai Dahsyat Danau Toba Beberapa Menit sebelum KM Sinar Bangun Karam, Ini Videonya

Baca: Pemkab Samosir Berpesta di Tengah Duka KM Sinar Bangun, Miris Dengar Alasan Pejabatnya

Baca: Pemkab Samosir Menari-nari di Tengah Duka & Air Mata di Danau Toba, Ini Kata Panglima dan Kapolri!

Idaham tak lupa mengucapkan selamat Idul Fitri kepada seluruh ASN. Dia juga menyampaikan ucapan dukacita yang mendalam atas kecelakaan maut Kapal Motor Sinar Bangun yang karam di perairan di Danau Toba, dimana ada warga Binjai yang turut menjadi korban.

"Pemko Binjai sudah mengirimkan tim SAR ke lokasi, semoga seluruh korban bisa segera ditemukan," kata Idaham. 

Selanjutnya, Walikota dan stafnya menggelar sidak peserta apel gabungan, tim yang terdiri dari BKD dan Inspektorat juga melakukan sidak kehadiran ASN ke seluruh kantor dinas di lingkungan Pemko Binjai.

Diwawancarai terpisah, Kepala BKD Kota Binjai, Amir Hamzah menyampaikan bahwa tahun ini kesadaran para ASN Pemko Binjai jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Tingkat kehadiran mencapai 97 persen. Sisanya tidak hadir karena ditugaskan ke posko evakuasi korban KM Sinar Bangun.

Dijelaskannya, yang tidak hadir apel karena tugas ke lokasi korban KM Sinar Bangun ada sekitar 15 orang dari instansi BNPB. 10 orang dari Dinas Kesehatan yang tenaga medis dan perawat membawa ambulans. 

"Rekapnya hadir 97 persen. Sisanya ada yang cuti dan ada juga yang BKO ditugaskan ke Samosir ke posko bantu korban, karena ada warga Binjai juga. Jadi ada orang Dinas Kesehatan dan BNPB yang ke sana. Tidak ada yang bolos, tadi Pak Wali langsung ambil alih absen," pungkasnya. 

(Dyk/tribun-medan.com)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Joseph W Ginting
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved