Kapal Tenggelam

HARI KEENAM: Pencarian Korban KM Sinar Bangun di Danau Toba, 13 Fakta Terungkap

Hari ini, Sabtu (23/6/2018), pencarian serius bangkai KM Sinar Bangun dilakukan Basarnas bersama tim gabungan.

tribun medan/tommy
Jerit pilu keluarga korban KM Sinar Bangun menanti kabar keluarganya. KM Sinar Bangun tenggelam di Danau Toba da 184 korban belum ditemukan 

TRIBUN-MEDAN.COM - Memasuki hari ke-enam pencarian KM Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba, usaha pencarian masih terus dilakukan.  

184 penumpangnya belum diketahui nasibnya hingga sekarang dan dinyatakan masih hilang.

Hanya 19 orang dinyatakan selamat dan 3 orang penumpang ditemukan dalam kondisi sudah meninggal dunia.

Hari ini, Sabtu (23/6/2018), pencarian serius dilakukan Basarnas bersama tim gabungan. Teranyar, penyelaman Danau Toba dilakukan menggunakan alat canggih Scan Sonar dan Multibeam Side Scan Sonar.

Peralatan itu didatangkan langsung dari Disposal Mabes TNI AL di Jakarta, bersama dengan Tim pasukan khusus Detasemen Jalamangkar (Denjaka), Batalyon Intai Amfibi (Taifib) dan Komando Pasukan Katak (Kopaska).  

Seperti diketahui, Kapal penumpang KM Sinar Bangun dari Simanindo, Kabupaten Samosir menuju Tigaras, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara  terbalik di Danau Toba, Senin (18/6/2018). 

Berikut sejumlah fakta yang dihimpun tribunmedan.com atas musibah KM Sinar Bangun di Danau Toba

1. Kecelakaan kapal sudah merenggut 234 jiwa

Samosir Art and Culture di Danau Toba mendatangkan artis dan duka mendalam keluarga korban KM Sinar Bangun
Samosir Art and Culture di Danau Toba mendatangkan artis dan duka mendalam keluarga korban KM Sinar Bangun (Kolase Tribun-Medan.com)

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun Tribun-Medan.com dari Harian Kompas dan berbagai sumber di internet, setidaknya tercatat delapan kali kecelakaan kapal di Danau Toba dalam 63 tahun terakhir.

Dalam kurun waktu enam dekade, sejak tahun 1955 hingga 2018, dari delapan peristiwa tersebut, sebanyak 234 jiwa dinyatakan jatuh sebagai korban meninggal, dan 289 orang dinyatakan hilang.  

Halaman
1234
Penulis: Salomo Tarigan
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved