Tanam Saham tak Harus Mahal, Cukup Rp 100 Ribu Per Bulan

Kita memang bisa melihat bahwa pemahaman calon investor terhadap saham masih minim. Artinya, kita butuh sosialisasi yang banyak

Tanam Saham tak Harus Mahal, Cukup Rp 100 Ribu Per Bulan
Tribun Medan
Foto Bersama Branch Manager PT MNC Sekuritas Medan, Purnomo Darmo Wasito (kiri) dan tim Sales Equity di Gedung MNC Financial Center, Jalan Kapten Maulana Lubis No 12, Medan.

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Saham merupakan surat berharga yang menunjukkan bagian kepemilikan atas suatu perusahaan. Jika Anda membeli saham berarti Anda membeli sebagian kepemilikan atas perusahaan tersebut yang berarti bahwa Anda adalah salah satu pemilik perusahaan tersebut. Jika membeli saham Anda berhak atas keuntungan yang diperoleh perusahaan dalam bentuk deviden jika perusahaan membukukan keuntungan.

"Saham sebenarnya salah satu tantangan berat kita sampai sekarang di Medan, termasuk masih dalam pengembangan. Kita memang bisa melihat bahwa pemahaman calon investor terhadap saham masih minim. Artinya, kita butuh sosialisasi yang banyak kepada masyarakat luar untuk membeli saham," ujar Branch Manager PT. MNC Sekuritas Medan, Purnomo Darmo Wasito, Selasa (26/6) di Gedung MNC Financial Center, Jalan Kapten Maulana Lubis No. 12, Medan.

Baca: Asuransi Jiwa MNC Bayar Klaim Rp 1 Miliar kepada Nasabah yang Kena Musibah

Ia menjelaskan, untuk membeli saham itu tidak bisa datang ke perusahaan yang ingin dibeli, karena sebenarnya saham itu ditransaksikan di Bursa Efek Indonesia. Ada prosedur yang harus dilalui nasabah yakni melalui sekuritas.

"Nasabah harus buka akun, maka selanjutnya nasabah akan mendapatkan RDN (Rekening Dana Nasabah). Kemudian ada user idnya, dari sana nasabah bisa bertransaksi, artinya sekuritas ini sebagai pengantara. Jadi tidak ada investor ataupun calon nasabah yang bisa membeli saham langsung tanpa melalui sekuritas," tutur Purnomo.

Pihaknya menyediakan produk-produk menarik yakni MNC Gemesin (Gemar Menabung Saham Indonesia), sebuah produk MNC Sekuritas yang mengajak masyarakat Indonesia (umum dan mahasiswa) untuk berinvestasi di pasar modal melalui share saving.

Ia menambahkan dengan minimal dana Rp 100 ribu (atau kelipatannya) per bulan, masyarakat diajak untuk menabung saham secara rutin dan berkala. Seluruh lapisan masyarakat Indonesia, baik dari kalangan mahasiswa, ibu rumah tangga, dosen, guru, karyawan, wartawan, maupun dari profesi lainnya dapat dengan mudah menabung saham di MNC Gemesin.

"Selain itu ada MNC Trade Syariah, jadi kita juga menjawab kebutuhan teman-teman yang memang pada dasarnya ingin transaksi saham menggunakan konsep Syariah," ucapnya.
Purnomo mengatakan, MNC Sekuritas merupakan salah satu sekuritas besar di Indonesia. Bisa dilihat dari acuan dan modal kerja bersih sekuritas tersebut.

"Modal kerja bersih disesuaikan (MKBD) di bawah 250 miliar itu masih sekuritas menengah. MNC Securitas masuk dalam sekuritas besar, artinya punya keuntungan transaksi tersendiri yakni ketika transaksi margin MKBD di atas 250 miliar. Sekuritas bisa transaksi lebih kurang 200 saham," serunya.

Purnomo menjelaskan, pihaknya selalu intensif setiap minggu untuk mensosialisasikan keuntungan investasi saham di berbagai tempat. Di antaranya dengan membuat acara gathering, seminar yang dihadiri berbagai kalangan secara gratis.

"Calon nasabah yang ingin berinvestasi saham cukup menyediakan fotokopi KTP, fotokopi NPWP, dan lampiran buku bank. Isi formulir yang sudah kita siapkan atau melalui online, dengan membuka website kita di www.mncsekuritas.id maka di sana, calon nasabah akan dituntun dalam setiap proses pembuatannya," ujarnya.

Purnomo mengatakan, memang masih banyak yang ragu dalam berinvestasi saham karena minimnya pengetahuan. Ia berharap melalui acara sosialisasi yang diberikan kepada masyarakat dapat membuka peluang untuk berinvestasi di saham.

"Investasi Saham adalah salah satu investasi yang sangat baik asalkan proses pengambilan keputusan itu tidak dilakukan secara feeling. Kita memberi waktu dan dedikasi untuk menuntun teman-teman, masyarakat umum berinvestasi saham," tutupnya. 

Penulis: Natalin Sinaga
Editor: Eti Wahyuni
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved