Kredit Perbankan di Sumut Mencapai Rp 206,6 Persen

penurunan harga komoditas disinyalir menurun terhadap deselerasi kredit sektor industri pengolahan dari 29,6 persen (YoY) menjadi 10,0 persen (YoY).

Kredit Perbankan di Sumut Mencapai Rp 206,6 Persen
Tribun Medan/Ayu Prasandi
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumut, Arief Budi Santoso kepada Tribun, Senin (25/6/2018). 

MEDAN, TRIBUN.com, MEDAN - Pada triwulan I 2018, kredit yang disalurkan perbankan di Sumatera Utara berdasarkan lokasi proyek mencapai Rp 206,6 triliun.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumut, Arief Budi Santoso mengatakan, pencapaian kredit tersebut tumbuh melambat dari 10,8 persen (YoY) dari triwulan sebelumnya menjadi 8,8 persen (YoY).

"Menurunnya penyaluran kredit disinyalir sebagai dampak dari masih tertahannya kinerja sektor pertanian dan industri pengolahan yang merupakan pangsa terbesar kredit secara sektoral," ujarnya, Kamis (28/6/2018).

Ia menjelaskan, penurunan harga komoditas disinyalir menurun terhadap deselerasi kredit sektor industri pengolahan dari 29,6 persen (YoY) menjadi 10,0 persen (YoY).

Baca: Bank Indonesia Akan Buka Operasional Terbatas saat Pilkada

"Sementara untuk pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) pada triwulan I 2018 tercatat melambat, terutama bersumber dari penurunan simpanan jenis giro yang mengalami kontraksi," jelasnya.
Ia menerangkan, pertumbuhan giro, tabungan, dan deposito masing-masing tercatat -1,9 persen (YoY), 9,7 persen (YoY) dan 7,6 persen (YoY).

"Perlambatan DPK secara umum didorong oleh konsumsi pada awal tahun untuk perayaan Imlek dan Chengbeng serta liburan pergantian semester," terangnya.

Ia mengungkapkan, hal tersebut terkonfirmasi dari penurunan tabungan perseorangan dari Rp 83,3 triliun pada triwulan IV 2017 menjadi Rp 81,1 triliun pada triwulan laporan.

"Di sisi lain, giro milik pemerintah pada triwulan laporan tercatat Rp 11,8 triliun, lebih rendah dari nilai pada periode yang sama pada tahun sebelumnya sebesar Rp 14,3 triliun," ungkapnya.

Ia mengatakan, hal tersebut tidak terlepas dari percepatan realisasi anggaran pemerintah pada triwulan I 2018, yang tercermin dari konsumsi pemerintah yang tercatat tumbuh tinggi pada triwulan I 2018 sebesar 6,26 persen (YoY).

Penulis: Ayu Prasandi
Editor: Eti Wahyuni
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved