Besok, KPUD Mulai Terima Pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg)

Freddy Sinaga menjelaskan dari total empat Dapil untuk calon anggota DPRD Dairi, masing-masing parpol hanya dapat mengajukan 35 nama bacaleg.

Tribun Medan/Tommy
Fredy Sinaga, Komisioner KPU Dairi saat ditemui di Kantor KPU, Senin (27/11/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Mustaqim Indra Jaya

TRIBUN-MEDAN.com, SIDIKALANG - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Dairi mulai Rabu (4/7/2018) besok sudah dapat menerima pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dari 16 partai politik (parpol) yang ada di Kabupaten Dairi.

Komisioner KPUD Dairi Divisi Teknis, Freddy Sinaga menjelaskan dari total empat Daerah Pemilihan (Dapil) untuk calon anggota DPRD Dairi, masing-masing parpol hanya dapat mengajukan 35 nama bacaleg.

"Setiap parpol hanya bisa mendaftarkan maksimal 35 nama, sesuai jumlah kursi di DPRD Dairi. Jadi bukan di setiap dapil parpol bisa mendaftarkan 35 nama, tapi sesuai jumlah kursi di dapil masing-masing, misal dapil I memperebutkan 12 kursi, ya di dapil itu setiap parpol hanya maksimal bisa mengajukan 12 nama," jelas Freddy, Selasa (3/7/2018)

Freddy menyebutkan pendaftaran Bacaleg dari parpol itu, sesuai tahapan akan berakhir pada 17 Juli 2018. Lewat dari tanggal tersebut, seluruh parpol tidak dapat mengajukan lagi nama untuk dimasukkan ke dalam Daftar Caleg Sementara (DCS).

"Besok (Rabu) sampai tanggal 16 Juli 2018 pendaftaran dibuka dari pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB. Di tanggal 17 Juli-nya ditutup sampai malam," sebutnya.

Ia pun menegaskan kepada seluruh bacaleg dari parpol supaya melengkapi seluruh persyaratan agar kemudian dapat ditetapkan sebagai Daftar Caleg Tetap (DCT) dari parpol masing-masing untuk berkompetisi di Pemilu Legislatif (Pileg) 2019.

(cr8/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved