Pilgub Sumut

Tak Dapat C6, Prof Marlon Sihombing Sebut Pilgub Sumut Masih Jauh dari Cita-cita Demokrasi

Berkaca dari pilkada pada 2013, adanya kenaikan tingkat partisipasi politik warga Sumut pada tahun 2018 tak lepas dari pengaruh ketokohan

Tak Dapat C6, Prof Marlon Sihombing Sebut Pilgub Sumut Masih Jauh dari Cita-cita Demokrasi
TRIBUN MEDAN/HO
Prof Marlon Sihombing. 

Laporan Wartawan Tribun-Medan, Fatah Baginda Gorby

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Guru besar Fakultas Ilmu-ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara (USU), Prof Marlon Sihombing ikut angkat bicara terkait kontestasi pilkada Sumut yang terjadi.

Menurut Marlon, berkaca dari pilkada pada 2013, adanya kenaikan tingkat partisipasi politik warga Sumut pada tahun 2018 tak lepas dari pengaruh ketokohan terhadap paslon yang bertarung.

"Tidak hanya pengaruh partai dan visi misi,namun ketokohan dua tokoh ini benar-benar menarik perhatian masyarakat. Edy Rahmayadi dengan karir militernya,serta Djarot Saiful Hidayat dengan rekam jejak dan program yang ditawarkan," katanya melalui jaringan selular, Rabu (4/7/2018).

Namun menurut Marlon, kenaikan partisipasi politik tersebut juga tak lepas dari politik identitas yang dinilainya masih jauh dari cita-cita demokrasi.

"Masih banyak kita lihat banyaknya kejadian vulgar yang membawa politik identitas ini. Seharusnya kita bisa melihat kampanye yang mencerdaskan, mencari solusi dari permasalahan yang ada di Sumut," katanya.

Muaranya,kata Marlon hasil pilkada nantinya tak dapat merepresentasikan aspirasi seluruh warga Sumut.

"Sumut ini majemuk,saya harap persatuan pada provinsi ini tidak terkoyak oleh oknum yang tak bertanggung jawab," katanya.

Belum lagi menurut Marlon di tengah kenaikan partisipasi politik masyarakat, namun dibarengi dengan banyaknya temuan sebagian masyarakat yang belum dapat memilih dikarenakan masalah adminstratif serta teknis.

Baca: Prof Marlon Sihombing: Pemimpin Sumut Ke depan Haruslah Membumi

Baginya perlu ada evaluasi yang menyeluruh sari sistem pemilu tersebut.

Halaman
12
Penulis: Fatah Baginda Gorby Siregar
Editor: Joseph W Ginting
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved