Aceh Bireun dan Takengon Diguncang Gempabumi

Kabupaten Aceh Bireun dan Aceh Tengah diguncang gempa tektonik, pada Senin (16/7/2018) sekitar pukul 12.50 WIB.

Aceh Bireun dan Takengon Diguncang Gempabumi
bmkg
Lokasi gempa Bireun dan Takengon 

Laporan Wartawan Tribun Medan / M Andimaz Kahfi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kabupaten Aceh Bireun dan Aceh Tengah diguncang gempa tektonik, pada Senin (16/7/2018) sekitar pukul 12.50 WIB.

Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan magnitude 4.1 dengan posisi episenter pada koordinat 4.77 LU dan 96.49 BT, tepatnya di darat pada jarak 42 km Barat Daya Kabupaten Bireun-Aceh pada kedalaman 17 kilometer.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan, Edison Kurniawan mengatakan bahwa berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Takengon dengan intensitas gempa bumi I-II SIG-BMKG (II-III MMI).

"Sampai saat ini belum ada laporan kerusakan dari lapangan," kata Edison, Senin (16/7/2018).

"Dari hasil observasi BBMKG Wilayah I Medan, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal yang diakibatkan oleh aktivitas sesar Aceh," sambungnya.

Lebih lanjut, Edison mengharap kepada masyarakat di sekitar Takengon, diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak bertangjungjawab.

"Masyarakat kita imbau untuk mengikuti arahan Pemerintah daerah melalui BPBD dan mengikuti perkembangan informasi jika ada gempa bumi susulan dari BMKG," tutup Edison.(cr9/tribun-medan.com).

Penulis: M.Andimaz Kahfi
Editor: Tariden Turnip
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved