Hari Pertama Masuk Sekolah, SMA di Medan Haramkan Perpeloncoan

Kegiatan MPLS tersebut dilaksanakan selama tiga hari, mulai dari Senin tanggal 16 Juli hingga Rabu tanggal 18 Juli 2018.

Hari Pertama Masuk Sekolah, SMA di Medan Haramkan Perpeloncoan
Tribun Medan
Siswa-siswi baru SMA Negeri 3 Medan saat mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Senin (16/7/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Chandra Simarmata

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN -Hari pertama masuk sekolah, siswa baru SMA Negeri 3 Medan menjalani kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Kegiatan MPLS  tersebut dilaksanakan selama tiga hari, mulai dari Senin tanggal 16 Juli hingga Rabu tanggal 18 Juli 2018.

Adi Wijaya, Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Kesiswaan SMA negeri 3 Medan mengatakan selama tiga hari siswa-siswi baru akan mengikuti kegiatan MPLS.

Tujuan dari kegiatan ini, sambungnya, untuk mengenalkan keberadaan lingkungan sekolah, tata belajar yang baik agar siswa baru dapat segera beradaptasi untuk kelanjutan pembelajaran berikutnya.

"Kita SMAN 3 melaksanakan yang pertama ada MPLS untuk siswa baru. Kegiatan ini untuk mengenalkan keberadaan lingkungan sekolah, tata belajar yang baik, dan mengenal teman-teman barunya yang sama-sama baru masuk, kenal kakak kelasnya, sarana-prasarana, sistem belajar, agar dapat beradaptasi untuk kelanjutan pembelajaran berikutnya," ujarnya kepada Tribun Medan, Senin (16/7/2018).

Adi Wijaya juga menjelaskan bahwa pada kegiatan pengenalan siswa baru terhadap lingkungan sekolahnya ini, tidak diperkenankan adanya terjadi perploncoan. Jadi, katanya pihak OSIS dan siswa yang menjadi panitia di lapangan sudah diingatkan tentang hal-hal tersebut.

"Tidak ada lagi plonco dimana kakak kelas boleh menindas adik kelasnya. Tidak boleh. Jadi OSIS dan panitia MPLS bertugas di lapangan untuk melaksanakan kegiatan ini membantu panitia guru dalam hal ini Wakasek bidang kesiswaan sebagai penanggung jawab," terangnya.

Saat ditanya apa kendala yang dialami panitia pada hari pertama kegiatan MPLS ini, Adi mengatakan kalau hari pertama MPLS berjalan lancar dan tidak ada kendala sampai saat ini. Atas kegiatan ini, Adi berharap para siswa baru dapat lebih cepat beradaptasi dan mengenal lingkungan serta teman-temannya.

"Insyaallah hingga hari ketiga berjalan lancar. Harapannya setelah MPLS, siswa baru lebih cepat beradaptasi, karena setelah ini langsung full pembelajaran," tandasnya.

Pantauan Tribun Medan di lapangan, siswa baru maupun panitia yang mengikuti kegiatan MPLS juga tampak bersemangat dan antusias.

Raymond Purba, salah satu siswa baru yang lulus di SMA negeri 3 Medan mengaku senang. Apalagi menurutnya SMAN 3 Medan merupakan salah satu sekolah favorit yang jadi rebutan.

"Senang bisa SMA negeri 3 Medan, karena SMAN 3 Medan kan salah satu sekolah favorit," ujarnya.

Ditanya soal kegiatan MPLS hari pertama, Raymon yang beralamat di Jalan Gaharu Medan ini mengaku cukup kelelahan. Namun meski lelah di hari pertama dia tetap semangat khususnya pada MPLS hari kedua yang menurutnya akan lebih banyak aktifitas lagi.

"Pasti capek, tapi tetap semangat karena dapat ilmu diajari kedisiplinan, kebersihan diri, dikenali sama lingkungan sekolah kita, jangan kita jadi gak tahu lingkungan sekolah kita. Besok juga ada lebih banyak aktifitas lagi jadi tetap semangat," kata Raymond. (cr11/Tribun-medan.com)

Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved