Kapal Feri Baru Berukuran Besar di Danau Toba, Layani Penumpang dari Ajibata ke Ambarita

"Ada empat unit yang akan dibangun. Kapal ini akan beroperasi dari Ajibata ke Ambarita," ujar Rapidin Simbolon, Bupati Samosir

Kapal Feri Baru Berukuran Besar di Danau Toba, Layani Penumpang dari Ajibata ke Ambarita
Facebook/Pemerintah Kabupaten Samosir
Kapal Ro-Ro yang akan dipakai untuk penyeberangan ke Samosir. 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN - Transportasi penyeberangan ke Pulau Samosir tengah dibenahi pemerintah, teranyar pemerintah sebentar lagi bakalan merampungkan pembuatan kapal feri berukuran besar yang yang biasa disebut kapal ro-ro.

Kapal ini adalah kapal yang bisa memuat kendaraan yang berjalan masuk ke dalam kapal, sehingga disebut sebagai kapal roll on-roll off atau disingkat Ro-Ro. Oleh karena itu, kapal ini dilengkapi dengan pintu rampa yang dihubungkan dengan moveble bridge atau dermaga apung ke dermaga.

Kapal Ro-Ro selain digunakan untuk angkutan truk juga digunakan untuk mengangkut mobil penumpang, sepeda motor serta penumpang jalan kaki. Angkutan ini merupakan pilihan populer antara Jawa dengan Sumatera di Merak-Bakauheni, antara Jawa dengan Madura dan antara Jawa dengan Bali.

Bupati Samosir mengutarakan Kapal Ro-Ro ini nantinya direncanakan beroperasi pada akhir 2018. Adapun rute perjalannya nantinya yaitu dari Pelabuhan Ajibata, Kabupataten Tobasa menuju Pelabuhan Ambarita, Kabupaten Samosir.

"Ada empat unit yang akan dibangun. Kapal ini akan beroperasi dari Ajibata ke Ambarita," ujar Rapidin Simbolon, Bupati Samosir melalui sambungan telepon kepada Harian Tribun Medan, Selasa (17/6/2018)

Baca: Sama-sama Maju Caleg, Ini Pesan Tengku Erry Nuradi untuk Sang Anak yang Terjun ke Politik!

Baca: Siswa, Guru dan Alumni MAPN 4 Medan Demo Tuntut Kepala Sekolah Dicopot

Ambarita merupakan nama suatu desa di Kabupaten Samosir yang berdekatan dengan daerah Wisata Tuk-tuk Siadong. Saat ini pemerintah tengah mempersipakan rancangan untuk membangun pelabuhan besar di desa ini.

Pemilihan daerah Ambarita sebagai lokasi pembangunan pelabuhan besar dimana Kapal Ro-Ro tersebut akan bersandar, untuk mengurangi kepadatan di Tomok. Dimana asal musim liburan, Tomok akan dilanda kemecatan panjang.

Menko Luhut B Pandjaitan berfoto dengan warga di dermaga Porsea di Balige dengan latar belakang kapal Ro-Ro yang segera beroperasi.Menko Luhut B Pandjaitan berfoto dengan warga di dermaga Porsea di Balige dengan latar belakang kapal Ro-Ro yang segera beroperasi. (maritim.go.id)

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan meninjau Dermaga Porsea, Balige, Toba Samosir, Danau Toba, Sumatera Utara,untuk melihat progres pembuatan kapal penumpang, Jumat (13/7/2018).

“Kita itu mau bikin beberapa kapal. Mungkin ada tiga lagi, jadi empat ya,” kata Luhut seperti dilansir dari situs resmi Kemenko Bidang Kemaritiman.

Halaman
12
Penulis: Royandi Hutasoit
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved