Musim Haji, Bandara Ini Mendapatkan Pasokan Avtur Terbesar, Mencapai Angka 93 Persen

Untuk area Sumatera bagian Utara (Sumbagut), Pertamina meningkatkan rata-rata penyaluran Avtur harian pada bulan Juli sebesar 18.9 persen.

Tribun Medan/Ayu Prasandi
Petugas pertamina melakukan pengisian Avtur di Bandara Kualanamu. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Ayu Prasandi

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN- PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I memastikan pasokan Avtur cukup untuk penerbangan keberangkatan jamaah Haji tahap 1 mulai 17 Juli 2018 mendatang.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR I, Rudi Ariffianto, mengatakan, untuk area Sumatera bagian Utara (Sumbagut), Pertamina meningkatkan rata-rata penyaluran Avtur harian pada bulan Juli sebesar 18.9 persen.

“Biasanya penyaluran Avtur sebesar 28.985 kiloliter (KL) per bulan untuk kali ini menjadi 34.456 KL per bulan,” ujarnya, Selasa (17/7/2018).

Ia menjelaskan, peningkatan pasokan paling signifikan terjadi pada Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Minangkabau International Airport (MIA), Padang yang meningkat menjadi 8.711 KL per bulan dari kondisi normal 4.495 KL per bulan atau naik 93,8 persen.

“Menghadapi kemungkinan lonjakan kebutuhan Avtur, Pertamina MOR 1 juga telah mempersiapkan beberapa skenario. Seperti di DPPU Minangkabau, kami telah menyiapkan rencana supply tanker ke Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Teluk Kabung sebanyak empat unit tanker,” jelasnya.

Baca: Penampakan Rumah Tersangka Korupsi Richard Lingga

 

Baca: PSMS vs Persebaya Laga Prestise, Begini Hitung-hitungan Suharto AD

Ia menerangkan,  sementara itu, untuk DPPU Kualanamu, Deliserdang dan Hang Nadim, Batam juga diperkirakan mengalami sedikit peningkatan penyaluran Avtur pada bulan Juli dengan presentase kenaikan sekitar 3,5 persen dan 9,2 persen.

Baca: Gudangnya Atlet Kelas Dunia, Koni Berharap Para Jagoan Sumut Dongkrak Perolehan Emas Indonesia

Baca: Pelihara Satwa yang Dilindungi, BKSDA Minta Taman Hewan Pematangsiantar Kembalikan Orangutan

 

Baca: Diduga Manipulasi Biaya Kunjungan Kerja, BPK Minta Anggota DPRD Kembalikan Uang Hotel

“Di Sumut, rata-rata konsumsi hariannya sekitar 430 KL per hari. Jadi kalau sebulan normalnya 13.300 KL. Karena ada Hajj Flight kemungkinan bertambah sekitar 500 KL menjadi 13.800 KL dalam sebulan,” terangnya.

Ia mengatakan, peningkatan penyaluran Avtur tersebut dilakukan untuk mendukung kelancaran penerbangan demi mendukung pelaksanaan ibadah para jamaah Haji 2018.

(pra/tribun-medan.com)

Penulis: Ayu Prasandi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved