Siswa Baru SMAN 3 Medan Diajarkan Kesederhanaan Lewat Makanan

semua siswa baru diminta untuk mempersiapkan bekal makanan sendiri dari rumah untuk makan siang.

Siswa Baru SMAN 3 Medan Diajarkan Kesederhanaan Lewat Makanan
TRIBUN MEDAN/CHANDRA SIMARMATA
Siswa-siswi baru SMA Negeri 3 Medan saat sesi makan siang pada kegiatan MPLS 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Chandra Simarmata

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN -

Pada kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang berlangsung selama tiga hari, seluruh siswa baru SMA negeri 3 Medan tak hanya dilatih jiwa kepemimpinan namun juga diajarkan kesederhanaan lewat makanan.

Hal ini dikatakan oleh Ketua OSIS SMA negeri 3 Medan Athallah Rafi yang juga panitia MPLS.

"Pada kegiatan MPLS, selain diberikan materi-materi ketangkasan, kepramukaan diperkenalkan organisasi sekolah dan ekskul, juga diajarkan kesederhanaan lewat makanan," ujarnya Rabu (18/7/2018).

Athallah Rafi menjelaskan, yang dimaksud mengajarkan kesederhanaan lewat makanan di sini adalah semua siswa baru diminta untuk mempersiapkan bekal makanan sendiri dari rumah untuk makan siang.

Katanya lagi, makan siang tersebut yang diwajibkan adalah makan siang sederhana yang dimasak sendiri. Menunya kata Rafi antara lain nasi yang dibungkus daun pisang, telur rebus, tempe, tahu, sayur lalapan, dan buah-buahan.

"Menu makan siang bentuknya kami buat tradisional yang terdiri dari nasi dibungkus daun pisang. Jadi piringnya diganti daun pisang. Lauknya telur rebus, sayur rebus untuk lalapan, sambal belacan, tempe sama tahu dan buah. Kalau hari ini lauknya telur puyuh rebus, sayur daun ubi rebus, tempe dan tahu," terangnya.

"Untuk minuman air putih satu setengah liter," tambahnya.

Menurut Athallah Rafi, OSIS dan panitia MPLS menerapkan menu makanan yang sederhana bagi siswa baru bukan tanpa tujuan.

Harapannya, semua siswa baru apapun itu latar belakangnya supaya bisa menerapkan kesederhanaan dan juga tetap menghargai makanan Nusantara yang sederhana.

"Tujuannya supaya mengajarkan adik-adik siswa baru kesederhanaan dan harapannya juga supaya lebih menghargai makanan-makanan Nusantara," tandasnya.

Untuk diketahui, kegiatan MPLS SMAN 3 Medan dijadwalkan berlangsung selama tiga hari.

Kegiatan MPLS  tersebut dilaksanakan selama 3 hari mulai dari hari Senin tanggal 16 Juli hingga dijadwalkan berakhir hari Rabu tanggal 18 Juli 2018.

(cr11/Tribun-medan.com)

Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved