Kadis Disdukcapil Medan: Cetak e-KTP Memang Semenit, Tapi Antreannya Sangat Panjang!

Ok Zulfi menyebutkan jumlah Surat Keterangan (Suket) yang telah dikeluarkan berjumlah 120.000 lembar.

Kadis Disdukcapil Medan: Cetak e-KTP Memang Semenit, Tapi Antreannya Sangat Panjang!
TRIBUN MEDAN/LISKA RAHAYU
Suasana di Kantor Dinas Disdukcapil Kota Medan dipenuhi masyarakat. Terhitung sejak Rabu (18/7/2019). Disdukcapil Medan kehabisan blanko KTP Elektronik. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Liska Rahayu

TRIBUN-MEDAN.Com, MEDAN - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan OK Zulfi mengatakan, daftar tunggu pembuatan e-KTP terlalu panjang.

Untuk itu, masyarakat diminta bersabar menunggu agar bisa mendapatkan e-KTP.

Dikatakannya, panjangnya daftar tunggu tersebut bisa berbulan-bulan.

"Maksimal 3 sampai 4 bulan. Karena daftar antrean yang terlalu panjang," ujarnya, Jumat (20/7/2018).

Berdasarkan data yang dimilikinya, Ok Zulfi menyebut jumlah Surat Keterangan (Suket) yang telah dikeluarkan berjumlah 120.000 lembar.

Namun, yang sudah diganti menjadi e-KTP baru sekitar 40.000 lembar.

"Permintaan e-KTP ini cukup tinggi, mulai dari perubahan status dari lajang menjadi menikah, remaja yang mulai berusia 17 tahun, perpindahan alamat," katanya.

Sementara, lanjutnya, stok blanko yang ada terbatas. Dijelaskannya, jika warga mengajukan ke Kecamatan pembuatan e-KTP, maka maksimal 4 bulan kemudian baru selesai cetak.

Dia menyebutkan, ada sebuah aturan yang dikeluarkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengenai pencetakan e-KTP dalam waktu satu jam.

"Sebenarnya begini, cetak 1 e-KTP itu hanya butuh waktu 1 menit. Satu jam berarti bisa 60 e-KTP tercetak. Masalahnya daftar antrean begitu panjang," jelasnya.

Pinjaman 10.000 keping blanko e-KTP dari Kabupaten Langkat dan tambahan 2.000 keping dari Kemendagri hanya akan bertahan dalam 12 hari ke depan.

"Sehari itu bisa cetak 1.000 e-KTP, kalau ada 12.000 blanko, maka hanya bertahan 12 hari. Sambil berjalan kita pikirkan cara bagaimana mendapatkan blanko tambahan," ucapnya.

(cr5/tribun-medan.com)

Penulis: Liska Rahayu
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved