Anggota Raider 100 PS Dilempari Batu dan Sajam saat Sisir Lokasi Pesta Sabusabu

Saat kami datang masyarakat melakukan perlawanan dengan melemparkan batu dan senjata tajam hingga diturunkan bantuan bersama saya melakukan penyisiran

Anggota Raider 100 PS Dilempari Batu dan Sajam saat Sisir Lokasi Pesta Sabusabu
Tribun Medan / Dedy Kurniawan
Batalyon Infanteri Raider 100 PS dan BNN memberikan keterangan hasil pengamanan enam orang penyalahguna narkotika dari kawasan Kampung Kampung Kloneng, Kutalimbaru. Raider 100 mengamankan barang bukti 1 Kg sabusabu, 158 butir ekstasi berbentuk bintang warna oranye. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.com, BINJAI - Batalyon Infanteri Raider 100 PS mengamankan enam orang pencegahan deteksi dini tindak pidana penyalahguna narkotika di kawasan Kampung Kampung Kloneng, Kutalimbaru. Raider 100 mengamankan barang bukti 1 Kg sabusabu, 158 butir ekstasi berbentuk bintang warna oranye.

Komandan Batalyon Raider 100, Letkol Lizardo Gumay menjelaskan, pengungkapan berawal personil raider menggelar latihan pemeliharaan Raider materi Raid di sekitar Binjai Komplek. Setelah melaksanakan latihan dilaksanakan pembersihan dan pengamanan akhir di daerah latihan oleh staf Intel Yon, Provost dan anggota yang dipimpin Pasi Intel, Lettu Inf Rizqi sesuai program kerja staf intel Yon.

"Saat kami datang masyarakat melakukan perlawanan dengan melemparkan batu dan senjata tajam hingga diturunkan bantuan bersama saya melakukan penyisiran," kata Letkol Lizardo di markas Raider 100 Prajurit Setia, Selasa (23/7/2018)

Personel Raider berhasil masuk ke area Kampung Kloneng. Hasil penyisiran di lokasi yang kerap dijadikan lokasi pesta sabusabu diamankan enam orang. Pun juga ditemukan barang bukti, 1 Kg sabusabu, 158 butir ekstasi, ratusan kompeng alat isap sabu, 11 Unit mesin jackpot, dua bong sabu, 130 pipa isap sabu, 9 mancis, 2 unit Hp Samsung, 4 bungkus plastik klip, 19 batang rokok Gumer, dua dompet, tiga badik/pisau, satu charger handphone Nokia.

"Di lokasi banyak sekali saya melihat masyarakat berpesta narkoba. Selanjutnya kami melaporkan kepada panglima, dan arahannya diserahkah ke BNN," jelasnya.

Baca: Kejar Terduga Pengedar Narkoba, Raider 100 Temukan 1 Kg Sabusabu dan Ratusan Butir Ekstasi

Baca: Terbakar Api Cemburu, Wanita Ini Tabrak Mati Pacarnya

Baca: Detik- detik Kericuhan Usai Laga PSMS Vs PSM Makassar, Stadion Teladan Rusak Parah

Enam orang diamankan Sudaryanto warga Tanah Seribu Pasar Tiga Kabupaten Langkat, Rasin warga Pasar V Kecamatan Namutrasi Kabupaten Langkat, Supendi warga Kampung Kloneng Kabupaten Langkat, Usaha Pramaya Tarigan, warga Tanah Seribu, Fajar Renaldi warga Kampung Kloneng, dan Irwan warga Tanah Seribu. Mereka semua diamankan saat keluar dari gubuk kolam ikan.

Kronologis pada Pukul 00.15 WIB dilaksanakan patroli pengamanan dan pembersihan kondisi berjalan dengan normal, hingga dicurigai adanya sekelompok orang yang tidak dikenal tiba-tiba lari dan lompat ke arah sungai, tepatnya di belakang Kafe Asyik Asyik di wilayah Tanah Seribu, Binjai.

Tim Intel Yonif Raider 100 melakukan pengejaran terhadap sekelompok orang tersebut, dalam pengejaran Raider menemukan sebuah tas tercecer, setelah diperiksa ternyata berisi diduga narkoba jenis sabusabu dalam jumlah besar (setelah ditimbang seberat 1 Kg). Selain itu juga ada ditemukan ratusan butir sabusabu.

"Iya benar ada temuan penangkapan (dilakukan Raider 100), ada ditemukan sabusabu 1 Kg dan ada juga ratusan butir diduga pil ekstasi. Ini akan segera kita ekspose, saya dalam perjalanan ini," kata Kapendam I/BB Kolonel Inf Edi Hartono.

Barang bukti dan para tersangka yang berada di sekitar lokasi, yang diduga kuat sebagai pelaku diamankan di Yonif Raider 100/PS untuk dimintai keterangan dan dilaksanakan proses dan penyelidikan di Mayonif 100/PS.

Dugaan sementara ke tersangka terduga pengedar dan pemakai sabusabu dan ekstasi yang biasa merusak generasi bangsa, sudah selama 3 bulan di wilayah Binjai komplek. Seluruh barang bukti saat ini masih diamankan di Mako yonifnif 100/PS.

(Dyk/tribun-medan.com)

Penulis: Dedy Kurniawan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved