20 Pasien RSUD Pirngadi Dapat Santunan pada Peringatan Hari Lansia Ke-21 

Bantuan kepada pasien yang berumur 60 tahun ke atas atau lansia dan kita utamakan adalah lansia dari keluarga yang tidak mampu.

20 Pasien RSUD Pirngadi Dapat Santunan pada Peringatan Hari Lansia Ke-21 
TRIBUN MEDAN/CHANDRA
Pemberian bantuan berupa tali asih kepada pasien lansia di RSUD Dr Pirngadi Medan pada Rabu (25/7/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Chandra Simarmata

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Memperingati Hari Lanjut Usia ke-21, Biro Sosial Dan Kesejahteraan Setda Provinsi Sumatera Utara memberikan bantuan berupa tali asih kepada pasien lansia di Rumah Sakit Umun Daerah (RSUD) Dr. Pirngadi Medan, Rabu (25/7/2018).

"Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang kita lakukan setiap tahun, kita mengunjungi dan memberikan bantuan kepada pasien yang berumur 60 tahun ke atas atau lansia dan kita utamakan adalah lansia dari keluarga yang tidak mampu," terang Kabag Pembinaan Sosial Biro Sosial dan Kesejahteraan Sedta Provinsi Sumatera Utara, H.M.Yakub Hasibuan. 

Pemberian bantuan ini dikatakannya dalam rangka ulang tahun lanjut usia tingkat Provinsi Sumatera Utara yang rutin diperingati pada tanggal 12 Juli 2018. "Tahun ini bantuan diberikan kepada 20 pasien lansia RSUD dr.Pirngadi Medan dan juga untuk 20 pasien lansia yang sedang dirawat di Rumah Sakit Umum Haji Medan."

Yakub Hasibuan mengharapkan dengan bantuan yang diserahkan kepada pasien lansia tersebut dapat bermanfaat dan menumbuhkan semangat untuk sehat kembali.

"kita harapkan lansia menjadi semangat dan keluarganya pun menjadi bahagia,"/ungkapnya.

Salah seorang pasien lansia, Mahmud (73) yang dirawat di ruang Anggrek RSUD Dr.Pirngadi mengatakan sangat senang dengan bantuan dari Biro Sosial Sedta Provsu ini. Mahmud berharap agar pihak terkait terus memberikan perhatian kepada lansia di Sumatera Utara. 

Begitu juga yang diharapkan pasien lansia Amir Husin Hasibuan (76 tahun)  warga Jalan Letda Sujono yang juga terbaring lemas dalam rawatan RSUD dr Pirngadi, agar perhatian pemerintah kepada lansia tidak hanya sampai disini tetapi terus memberikan perhatian.

Amir Husin yang mengaku menderita sakit lambung ini sangat senang dan terharu mendapatkan bantuan dan akan digunakan untuk kebutuhan selama dirawat di rumah sakit milik Pemko Medan tersebut.

Dikesempatan yang sama, Sekretaris membidangi lansia Biro sosial Provsu, Dr. Yosefin mengatakan persentase jumlah lansia di sumut saat ini mencapai 10 persen dari jumlah penduduk yang ada. 

"Misalnya 13, 5 juta jumlah penduduk sumut berarti ada 1000 jumlah lansia saat ini, karena itu kita berharap agar kita sama-sama merawat lansia dan juga ini diharapkan menjadi kepedulian beraama baik masyarakat, swasta, pemerintah maupun institusi yang terkait," terang Yosefin.

Sementara itu, Kabag humas melalui Kepala Keperawatn RSUD dr Pirngadi mengaku sangat senang dengan kepedulian terhadap pasien lansia. Dia juga berharap semoga ke depannya di rumah sakit tersebut dapat dibangun ruangan rawat khusus lansia guna memberikan kenyamanan dan rasa hormat kepada kaum lansia yang merupaka orang tua bersama.

(cr11/Tribun-medan.com)

Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved