Kapal Tenggelam

Tragedi KM Sinar Bangun, Sulaiman: Mayat yang Sudah Puluhan Tahun Pun Dicari, Apalagi Masih Segar!

"Ada ritual acara manggali holi atau mengangkat tulang. Ini mayat lho orang yang sudah lama puluhan tahun di cari. Apalagi ini mayat yang masih segar"

Tragedi KM Sinar Bangun, Sulaiman: Mayat yang Sudah Puluhan Tahun Pun Dicari, Apalagi Masih Segar!
Tribun Medan/Septrina Ayu Simanjorang
Sulaiman Sinaga merupakan tokoh masyarakat di Tigaras menghadiri Toba Informal Meeting, Rabu (25/7/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Medan / M Andimaz Kahfi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Tragedi tenggelamnya Kapal Motor (KM) Sinar Bangun di perairan Danau Toba hingga kini masih jadi misteri dan belum terpecahkan.

Dimana, 21 orang berhasil selamat, dan tiga orang ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. Serta 164 orang masih dinyatakan hilang di perairan Danau Toba yang menjadi danau terbesar di Asia Tenggara ini.

Menyikapi hal itu, Tokoh Masyarakat Sulaiman Sinaga mengatakan bahwa tulang itu bagi orang Batak sangat bermakna, bahkan ada yang tulang yang sudah dikuburkan puluhan tahun digali kembali untuk pondasi rumah. Kalau diperumpamakan lebih bagus lagi tulang itu dibandingkan rumah.

"Itu nggak bisa dipungkiri, makanya saya heran lihat perwakilan Bupati Simalungun Efendi Naibaho tadi. Dia orang batak tapi nggak mengerti bagaimana orang Batak menghargai mayat," kata Sulaiman saat acara Toba Informal Meeting Evakuasi Korban KM Sinar Bangun, di Hotel Danau Toba International, Rabu (25/7/2018).

"Ada ritual acara manggali holi atau mengangkat tulang. Ini mayat lho orang yang sudah lama puluhan tahun dicari. Apalagi ini mayat yang masih segar," sambungnya.

Ditanya soal menurunnya kunjungan ke Danau Toba, Sulaiman mengatakan itu memang benar. Karena pengunjung sudah takut.

"Tapi mudah-mudahan kalau memang nanti bisa diangkat bangkai KM Sinar Bangun termasuk para korban yang hilang, mungkin Parawisata di Danau Toba bisa kembali seperti semula. Keterbatasan Basarnas memang ada, tapi kan pemerintah harus hadir untuk membantu menanggulangi kasus ini dan menuntaskannya," pungkas Sulaiman.

(cr9/tribun-medan.com)

Penulis: M.Andimaz Kahfi
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved