Gerhana Bulan Total

Saksikan Super Blood Moon Dini Hari Nanti, Ingat Waktunya hingga Puncak Penampakannya

Peristiwa Gerhana Bulan Total ini dapat diamati di seluruh Indonesia, bila kondisi cuaca dalam keadaan cerah

Saksikan Super Blood Moon Dini Hari Nanti, Ingat Waktunya hingga Puncak Penampakannya
Via Kompas.com
Ilustrasi gerhana bulan total. (Via Kompas.com) 

Laporan Wartawan Tribun Medan / M Andimaz Kahfi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Fenomena Gerhana Bulan Total ataupun Super Blood Moon diprediksi akan terjadi pada (28/7/2018) nanti.

Kepala Bidang Informasi dan Data BMKG Wilayah I Medan, Syahnan mengatakan Gerhana Bulan Total terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup.

"Peristiwa ini terjadi bila bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalang oleh bumi," kata Syahnan, Jumat (17/7/2018).

"Peristiwa Gerhana Bulan Total ini dapat diamati di seluruh Indonesia, bila kondisi cuaca dalam keadaan cerah," sambungnya.

Masih kata Syahnan, nantinya bukan akan tampak berwarna merah saat puncak gerhana. Karena adanya pembiasaan cahaya berfrekuensi rendah dari matahari ke umbra oleh atmosfer bumi.

Gerhana ini bertepatan dengan peristiwa lunar apogee atau jarak terjatuh bulan dari bumi, sehingga bulan akan tampak lebih kecil dari biasanya.

"Jadi nanti Gerhana akan mulai muncul perlahan sekitar pukul 00.13 WIB Sabtu (28/7/2018). Selanjutnya pukul 01.24 WIB Gerhana sebagian mulai akan muncul. Pukul 02.30 WIB Gerhana total akan mulai dan puncak Gerhana pukul 03.22 WIB," katanya.

"Lalu Gerhana total akan berakhir pukul 04.13 WIB, Gerhana sebagian berakhir pukul 05.19 WIB dan Gerhana akan benar-benar berakhir pukul 06.30 WIB," ujarnya.

Perlu diketahui, Gerhana Bulan dapat diamati dengan mata telanjang bila cuaca bagus. Dengan fase total terlama bisa mencapai 103 menit. Gerhana Bulan total akhir Juli 2018 ini, merupakan yang kedua setelah terjadi pada akhir Januari awal tahun lalu.

Sebelum peristiwa gerhana bulan super blood moon nanti, ternyata peristiwa langit menakjubkan lainnya akan muncul pada 27 Juli 2018.

(cr9/tribun-medan.com).

Penulis: M.Andimaz Kahfi
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved