Rekam jejak Budi Situngkir di Lembaga Pemasyarakatan Sumut

Sebelum ditugasi menjadi Kalapas Tanjunggusta, Budi Situngkir yang resmi meninggalkan jabatannya sebagai Kalapas

Rekam jejak Budi Situngkir di Lembaga Pemasyarakatan Sumut
Budi Argap Situngkir 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Alija Magribi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN- Sebelum ditugasi menjadi Kalapas Tanjunggusta, Budi Situngkir yang resmi meninggalkan jabatannya sebagai Kalapas IIB Binjai diketahui sempat berlalu lalang di beberapa lapas di Sumatera Utara.

Dalam perjalanan karirnya ia sempat bertugas di Lapas Tebingtinggi sebagai KPLP, Kepala Rutan Tebingtinggi, Kepala Pembina Lapas Gunungsitoli, Staf Lapas Sukamiskin Bandung, Karutan Tanjunggusta dan terakhir Budi Situngkir akan meninggalkan Lapas Binjai untuk dipromosikan sebagai Kalapas Tanjunggusta.

Dari rangkaian perjalanan dinasnya, Budi Situngkir mengaku karakter narapidana narkoba dan teroris adalah yang paling sulit di Bina dalam pemasyarakatan.

"Selama karir saya, kejahatan Narkoba dan teroris adalah warga binaan yang paling sulit diatur. Mereka itu beberapa secara pandangan hidup sudah berbeda. Mereka pun berani mengancam," ujar Budi Situngkir kepada Tribun Medan di Lapas Klas II B Binjai.

Kendati telah melakukan pengamanan yang standar, beberapa kali kejadian tahanan dan narapidana kabur sempat terjadi dalam pimpinan Budi Argap Situngkir.

Dalam konsep kepemimpinannya di berbagai lapas dan rutan, Budi berprinsip 'manusiakanlah manusia'. Ia berharap masyarakat di luar untuk menyadari warga binaan merupakan masyarakat yang sama kendati hidup terkurung hukum negara.

"Iya Manusiakanlah manusia. Warga binaan itu pun manusia. selalu memperhatikan kebutuhan psikologis warga kita, contohnya saat ada Anggota keluarga napi yang meninggal hari Minggu, secara prosedur kan harus ada surat dari lurah namun itu kan hari libur maka kita mempertimbangkan warga binaan untuk melihat keluarga yang meninggal dengan pengawalan, warga binaan manusia juga," ujar Budi Situngkir.

Usai ditugasi Kemenkumham memimpin Lapas Klas IA Tanjunggusta, Budi Situngkir mengaku tidak mudah. Ia berusaha untuk merangkul petugas dan warga binaan agar jalannya operasional Lapas Tanjunggusta berjalan baik

(cr15/tribun-medan.com)

Penulis: Alija Magribi
Editor:
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved