Siap-siap Diciduk saat Berbuat Kejahatan di Kota Rambutan, Polres Binjai Pasang Ini di Sudut Kota

Rencana pembangunan itu juga sejalan dengan program Promoter dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk mengembangkan ITE

Siap-siap Diciduk saat Berbuat Kejahatan di Kota Rambutan, Polres Binjai Pasang Ini di Sudut Kota
Tribun Medan / Dedy Kurniawan
Kapolres Binjai didampingi Walikota Binjai Idaham saat memaparkan rencana pemasangan CCTV bekerja sama dengan Pemko Binjai. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.com, BINJAI - Polres Binjai berencana membangun ruang pengendali seperti Command Center milik Pemko Binjai untuk memantau dan mengantisipasi tindak pidana kejahatan lewat CCTV. Kapolres pun menggandeng Wali Kota untuk membahas konsep lewat pertemuan yang dilaksanakan di Ruang VIP Mapolres, Senin (30/7).

Wali Kota Binjai, Muhammad Idaham pun hadir langsung dalan pertemuan ini. Disampaikan Kapolres Binjai, AKBP Donald P Simanjuntak bahwa Gedung Command Center ‎seperti Pemko Binjai layak dibangun sebagai bentuk mengantisipasi kejahatan yang belakangan marak di Kota Rambutan.

"Rencana pembangunan itu juga sejalan dengan program Promoter dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk mengembangkan ITE yang diminta ke seluruh Polda untuk seluruh satuan wilayah di Indonesia," kata Donald.

Kata Donald, rencana pembangunan ini akan dilaporkannya ke Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpauw. Dia mencontohkan, Gedung Command Center Polres Binjai dinilai memudahkan sebagai deteksi dini untuk antisipasi kejahatan perampokan perbankan seperti yang terjadi di wilayah hukum Polsek Percut Seituan.

‎"Komplotan perampok pun dapat saja melakukan rapat-rapat evaluasi atau analisis evaluasi seperti aparat kepolisian. Selain itu, pengaruh narkoba juga tak terlepas dari maraknya tindak kejahatan. Tepat memang smart city terbaik kedua untuk Binjai. ‎Command center untuk pantau Binjai dalam CCTV, di mana lokasi rawan dan perbatasan daerah dapat juga disitu ditempatkan," pungkasnya.

Baca: 10 Anggota Paskibraka Pukuli Supir Angkot dan Tendang Perut Penumpang Wanita yang Coba Melerai 

Baca: Inilah Wadir Resnarkoba AKBP Hartono yang Diciduk Petugas Bandara Bawa 23,8 Gram Sabu

Baca: Merapat ke PSMS Medan, Shohei Matsunaga Segera Dikontrak

Nantinya, ruang Perpustakaan Mapolres Binjai rencananya yang bakal dirubah jadi Gedung Command Center. Tujuannya Command Center Binjai ini untuk dapat memantau langsung kondisi kamtibmas Kota Rambutan demi menjaga kondusifitas melalui kamera pengintai yang disebar ke sejumlah titik.

Baca: BREAKING NEWS: Gempa Tektonik 5,3 SR Guncang Nias Selatan, Tidak Berpotensi Tsunami

Baca: Baru 13 Kota Terapkan Kawasan Tanpa Rokok, Sekda Minta Warga Tidak Merokok Sembarangan

Wali Kota Binjai, H Muhammad Idaham mendukung rencana pembangunan Command Center Polres Binjai. Idaham juga membawa dua tim ITE dari Politeknik Negeri Medan.

"Saya tadi dapat undangan untuk diskusi. Saya rasa ini bagian sangat baik untuk Polres, tentang ITE juga bagian terpenting dari kita. CCTV yang ada di Pemko terkoneksi ke Polres.‎ Kalau bangun Command Center, insyaallah nanti bisa konek," kata Idaham

‎Dia juga berharap, Command Center yang dimiliki Pemko terintegrasi dengan Polres Binjai. Idaham menambahkan, sedang merancang data kependudukan agar ketika masyarakat Binjai terekam dalam CCTV tersebut.

(Dyk/tribun-medan.com)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved