Disperindag Sumut Gelar Operasi Pasar Cegah Kenaikan Harga Telur Ayam

OP tersebut dilakukan untuk menekan harga kebutuhan pokok terutama harga telur ayam yang mengalami kenaikan cukup tinggi

Disperindag Sumut Gelar Operasi Pasar Cegah Kenaikan Harga Telur Ayam
Tribun Medan/Ayu Prasandi
Diperindag Sumut bersama dengan Satgas Pangan serta Pemko Medan saat melakukan operasi pasar. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Ayu Prasandi

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumatera Utara (Sumut) menggelar Operasi Pasar (OP) di enam titik yang ada di Kota Medan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Disperindag Sumut, Dahler ditemui disela-sela OP, mengatakan, hal tersebut dilakukan untuk menekan harga kebutuhan pokok terutama harga telur ayam yang mengalami kenaikan cukup tinggi.

“Enam titik operasi pasar tersebut dilakukan di Pasar Sei Sikambing, Pasar Sukaramai, Pusat Pasar, Pasar Simpang Limun, Pasar Brayan, Pasar Petisah, dan satu di Toko Tani Indonesia Center di Kantor UPT Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan,” ujarnya, Jumat (3/8/2018).

Ia menjelaskan, operasi pasar tersebut akan terus dilakukan hingga enam hari ke depan dan bekerjasama dengan Satgas Pangan serta Pemko Medan.

"Tujuannya untuk bisa menekan harga pasar, sehingga para konsumen kita bisa memperoleh harga yang layak. Harga telur yang dijual di op tersebut adalah ini Rp 1.200 per butir,” jelasnya.

Baca: Ruhut Sitompul tak Mau Jokowi vs Kotak Kosong di Pilpres 2019, Gembira Demokrat-Gerindra Bersatu

Baca: Yusuf Supendi Sang Pendiri Partai Keadilan Sejahtera dan Caleg PDIP Meninggal Dunia

Ia menerangkan, untuk harga ayam potong di pasaran yang berada di kisaran Rp 39ribu sampai Rp 40ribu per kilogram.

Baca: Ahok Bebas 16 Agustus? Inilah Tebak-tebakan dan Bocoran dari Sang Adik Fifi Lety Tjahaja Purnama

“Disperindag Sumut akan kembali melakukan pembicaraan dengan Forgas dan Pemko Medan. Pada waktu itu ada masalahnya, saya pikir lebih sensitif, karena sudah kami bahas ini. Tapi saya pikir kita juga punya aksi, dan ini kita catat untuk menentukan langkah selanjutnya soal harga ayam potong," terangnya.

Ia mengungkapkan, Disperindag Sumut akan mencari terlebih dahulu polanya bagaimana. Pihaknya juga sudah mendapat arahan supaya untuk harga ayam potong juga dilaksanakan, apakah akan dilakukan intervensi atau tidak 

“Untuk  harga cabai merah, bawang merah, dan cabai rawit, pihaknya menilai masih dala kategori wajar. Hal ini karena dipengaruhi iklim di Sumut,” ungkapnya.

(pra/tribun-medan. com)

Penulis: Ayu Prasandi
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved