Breaking News:

Pemkab Deliserdang Akhirnya Hentikan Vaksinasi Rubella, Dr Ade: Sesuai Petunjuk Bapak Bupati

Ya mulai hari ini kita berhentikan sementara dulu penyuntikan imunisasi Campak dan Rubella nya. Kebijakan itu sesuai arahan dari bapak Bupati

Penulis: Indra Gunawan |
Tribun Medan/HO
Pemerintah Kabupaten Deliserdang mencanangkan Kampanye Imunisasi MR (Measles Rubella), Rabu (1/8/2018) di Halaman SD Negeri Jalan Kartini Kecamatan Lubukpakam. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Indra Gunawan Sipahutar

TRIBUN-MEDAN.com,LUBUKPAKAM- Dinas Kesehatan Kabupaten Deliserdang akhirnya ikut menghentikan sementara pemberian atau penyuntikan imunisasi Campak dan Rubella terhadap anak-anak sekolah. Hal ini pun dibenarkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Kesehatan Deliserdang, dr Ade Budi Krista.

"Ya mulai hari ini kita berhentikan sementara dulu penyuntikan imunisasi Campak dan Rubella nya. Kebijakan itu sesuai arahan dari bapak Bupati kemarin sore," ujar dr Ade Budi Krista Selasa, (7/8/2018).

Terkait hal itu, dr Ade menambahkan kalau pihaknya langsung mengeluarkan surat pemberitahuan kepada para Kepala Puskesmas dengan nomor 4365/440/VIII/DS/2018 tertanggal 6 Agustus 2018. Disebut surat pemberitahuan tersebut juga ditembuskan kepada MUI dan DPRD Deliserdang.

"Diambil kebijakan ini untuk mencermati perkembangan situasi saat ini yaitu menunggu adanya proses untuk label sertifikat halal terhadap vaksin tersebut. Sebenarnya banyak juga orang yang malah menginginkan untuk sekolahnya didatangi,"kata dr Ade.

Pelaksanaan imunisasi Campak dan Rubella ini sendiri dilakukan sejak 1 Agustus 2018. Ditargetkan ada 606.000 anak di Deliserdang yang akan mendapatkan imunisasi tersebut mulai dari usia 9 bulan hingga 15 tahun.

Baca: Ustad Abdul Somad (UAS) Blak-blakan Soal jadi Cawapres saat Ceramah di Sumut

Baca: Berikut 20 Fakta Ditemukannya Hasmi setelah 15 Tahun Disembunyikan oleh Dukun Tete Jago

Sebelumnya dr Ade menyebut kalau program ini merupakan program nasional yang sudah selesai dilakukan di pulau Jawa. Dijelaskan vaksin Campak dan Rubella yang penyuntikannya sekaligus (sekali) ini di dunia hanya ada dibuat di RRC dan India. Khusus untuk yang dipakai di Indonesia merupakan vaksin yang diproduksi India.

Baca: Inilah Dukun Biadab yang Meculik dan Menyekap Hasmi Selama 15 Tahun

Baca: Hari Ini Adalah Hari Terbaik Buat Capricorn, Keberuntungan ada di Hadapan Anda

"Produk vaksin yang dari India ini juga lah yang dipakai di Arab Saudi dan Bahrain. Sebenarnya untuk Agustus target kita khusus untuk anak-anak yang sekolah sementara untuk yang belum akan kita berikan September," kata dr Ade.

(dra/tribun-medan.com).

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved