Edisi Cetak Tribun Medan

Guru di Tobasa Diseret Keluar Kelas di Hadapan Siswa, Vokal Suarakan Dugaan Penyimpangan di Sekolah

"Sejak saya kritik beberapa kebijakan, saya malah dikriminalisasi. Saya pun tak lagi diperkenankan mengajar di sekolah itu," kata Gurasta.

Guru di Tobasa Diseret Keluar Kelas di Hadapan Siswa, Vokal Suarakan Dugaan Penyimpangan di Sekolah
indovoices.com
Gurasta Panjaitan 

BALIGE, TRIBUN-Dengan wajah murung Gurasta Panjaitan bercerita kangen bertemu anak didiknya di SD 17354 Matio Tobasa. Gurasta yang dulu menjadi wali kelas, sudah dua bulan tidak mengajar, karena dibebastugaskan.

Ia dimutasi dari tenaga pengajar menjadi pembantu administrasi di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Dinas Pendidikan Tobasa. Menurutnya, kebijakan tersebut kriminalisasi.

Ia merasa mutasi tersebut berkaitan dengan sikapnya yang kritis. Di antaranya mengkritisi dugaan tidak transparansinya penggunaan dana BOS.

"Sejak saya kritik beberapa kebijakan, saya malah dikriminalisasi. Saya pun tak lagi diperkenankan mengajar di sekolah itu," kata Gurasta saat berbincang dengan Tribun Medan di Balige, Toba Samosir (Tobasa), Sabtu (4/8).

Kepala Sekolah SD N SD 17354 Matio Tobasa, Riana Tambunan, tidak menepis percekcokan dengan Gurasta. Ia menyebut, persoalan terebut sudah selesai, dan dirinya sudah menghadap ke Polsek Tobasa.

Baca: Kepsek dan Dinas Pendidikan Jangan Cari Makan dari Sekolah dan Orang Tua Siswa

"Unang patangi-tangi hamu i. Ai nga rittik be i. (Itu tidak perlu didengarkan, dia itu sudah gila)," ujar Riana di Balige, Minggu.

Ia menambahkan, Gurasta keluar dari sekolah, karena didemo orangtua siswa. Penyebabnya, katanya, Gurasta tidak memberikan rapor siswa.

"Orangtua siswa yang berdemo dan mengatakan selama Gurasta di sekolah tersebut, anak-anak mereka akan dipindahkan," katanya.

Berdasar penuturan Riana, orangtua siswa juga berdemo ke Dinas Pendidikan agar Gurasta dikeluarkan dari SD 17354 Matio Tobasa.

Tapi, pengakuan Gurasta, ia menahan rapor peserta didik karena nilai yang diberikan guru tidak sesuai dengan kemampuan siswa.

Halaman
123
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved