Pilpres 2019

Mahfud MD Bongkar Intrik Politik yang Menggagalkan Dirinya Mendampingi Jokowi di Pilpres 2019

Mahfud MD secara terbuka membeber intrik politik, hingga Jokowi memutuskan Ketua MUI Maruf Amin sebagai bacawapresnya.

Mahfud MD Bongkar Intrik Politik yang Menggagalkan Dirinya Mendampingi Jokowi di Pilpres 2019
dok/kolase
Mahfud MD, Jokowi, dan Maruf Amin 

TRIBUN-MEDAN.COM - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD akhirnya buka-bukaan menceritakan fakta-fakta rahasia di balik batalnya dia menjadi pendamping  Jokowi pada  Pilpres 2019.

Mahfud MD secara terbuka membeber intrik politik, hingga  Jokowi memutuskan Ketua MUI Maruf Amin sebagai bakal calon wakil presidennya di Indonesian Lawyer Club (ILC) yang disiarkan secara live di satu TV swasta, Selasa (14/8/2018) malam.

Hampir semua narasumber yang hadir baik dari kubu Koalisi Indonesia Kerja pengusung Jokowi Maruf maupun Koalisi Indonesia Bangkit pengusung Prabowo Sandiaga tertegun mendengar pengakuan Mahfud MD.

Dalam ILC yang tajuk,Kejutan Cawapres: Antara Mahar Politik dan PHP, Mahfud secara terbuka menyebut nama Maruf Amin dan Said Aqil Sirajd di balik intrik tersebut.

Intrik muncul saat namanya menguat mendampingi Jokowi.

Tiba-tiba muncul suara-suara dari PBNU yang mengancam akan meninggalkan Jokowi. 

Mahfud MD mengungkap ancaman dari NU dilontarkan  langsung Ma'ruf Amin, yang akhirnya dipilih Jokowi sebagai bacawapresnya.

Prof Dr KH Ma'ruf Amin lahir di Tangerang, Banten, 11 Maret 1943. Lelaki 75 tahun itu menjabat sebagai Rais 'Aam Syuriah pada Pengurus Besar Nahdlatul 'Ulama dan Ketua Majelis Ulama Indonesia, sejak Agustus 2015.

Amin duduk sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden pada masa jabatan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Pada 9 Agustus 2018, ia diumumkan sebagai calon Wakil Presiden Indonesia pada pemilihan umum Presiden Indonesia 2019, mendampingi petahana Joko Widodo.

Baca: Alasan Prabowo Ogah AHY Jadi Cawapres, Luhut Panjaitan Buka Fakta: Bang, kalo Kita Mayor kan Tahu

Baca: Siaran Langsung Timnas U-23 Indonesia vs Palestina Hari Ini di Grup A Asian Games

Baca: Diadukan ke Polisi, Neno Warisman dan Politisi PKS Mardani Ali Sera Terlapor Kasus Ujaran Kebencian

Sempat dibantah oleh Robikin Emhas, kader PBNU, Mahfud MD pun menceritakan secara jelas bahwa pernyataan tersebut memang benar adanya.

Halaman
1234
Editor: Tariden Turnip
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved