Sabam Kecewa Belasan Anggota DPRD Dairi Tak Hadir Paripurna

Ketua DPRD Dairi, Sabam Sibarani mengaku kecewa atas ketidakhadiran belasan dari total 35 orang anggota dewan

Sabam Kecewa Belasan Anggota DPRD Dairi Tak Hadir Paripurna
Tribun Medan/ Mustaqim Indra Jaya
Suasana Rapat Paripurna Istimewa dalam rangkat mendengarkan pidato Presiden, Joko Widodo menyambut HUT ke-73 Kemerdekaan RI di Ruang Sidang DPRD Dairi, Kamis (16/8/2018). 

TRIBUN-MEDAN.com, SIDIKALANG - Ketua DPRD Dairi, Sabam Sibarani mengaku kecewa atas ketidakhadiran belasan dari total 35 orang anggota dewan di Sidang Paripurna Istimewa mendengarkan pidato Presiden, Joko Widodo dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia, Kamis (16/8).
Padahal menurut Sabam, beberapa hari sebelumnya, bagian kesekretariatan dewan telah memberikan undangan kepada 35 orang anggota DPRD Dairi mengenai kegiatan bersejarah yang berlangsung setiap tahun tersebut.

"Ya, sebagai Ketua DPRD saya kecewa, karena ini merupakan tanggung jawab kami sebagai wakil rakyat mendengarkan pidato presiden. Seharusnya 100 persen anggota DPRD hadir, undangan juga sudah disampaikan ke setiap anggota dewan," kata Sabam yang diwawancarai seusai rapat paripurna istimewa, Kamis (16/8).

Ia menilai ketidakhadiran sejumlah anggota DPRD Dairi, seakan menunjukkan kepada publik sudah mulai tergerusnya semangat beberapa oknum wakil rakyat dalam meneruskan dan mengisi kemerdekaan Indonesia.
"Mungkin kesadaran masing-masing kami untuk menunjukkan semangat memperingati kemerdekaan ini sudah berkurang. Padahal kita ketahui ini merupakan salah satu kegiatan yang sakral dan penting dalam berbangsa dan bernegara," katanya.

Baca: Inilah Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kabupaten Dairi pada Pemilu Tahun 2019 

Pantauan Tribun Medan, kegiatan yang berlangsung di Ruang Sidang Sekretariat DPRD Dairi, Jalan Sisingamangaraja, Sidikalang itu, ada sekitar 15 kursi yang seharusnya di tempati anggota dewan kosong.
Selain masalah kehadiran, permasalahan lain terlihat saat Sidang Paripurna Istimewa berlangsung. Beberapa anggota dewan tampak tertidur dan juga terlihat santai mengisap rokok di dalam ruang sidang, ketika mendengarkan pidato presiden.

Menjawab hal itu, Sabam menyebut mengembalikan sikap tersebut kepada pribadi masing-masing anggota DPRD Dairi. "Itu saya kembalikan ke pribadi masing-masing anggota dewan. Kalau merokok di ruang sidang itu sebenarnya secara etika kurang enak dilihat, walau di Tatib dewan tidak ada larangan khusus untuk itu," ungkapnya.

Sementara, Sidang Paripurna Istimewa yang berlangsung mulai pukul 10.15 WIB di Sekretariat DPRD Dairi ini turut dihadiri Bupati, Johnny Sitohang Adinegoro, Kapolres Dairi AKBP Erwin Wijaya Siahaan, Dandim 0206/Dairi, Letkol Hadi Purwanto serta perwakilan dari Kejari Dairi dan pimpinan Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) Dairi lainnya.(*)

Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved