Ombudsman Minta Pemprov Sumut Segera Bangun Gedung SMAN 1 Beringin

Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara meminta Pemerintah Provinsi Sumatera Utara

Ombudsman Minta Pemprov Sumut Segera Bangun Gedung SMAN 1 Beringin
Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar (kaos merah) didampingi Ketua DPRD Delisereang Ricky Prandana Nasution saat meninjau SMAN 1 Beringin Delisereang yang proses belajar mengajarnya menumpang di Gedung SMPN 1 Beringin. 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Chandra Simarmata

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara  meminta Pemerintah Provinsi Sumatera Utara segera membangun gedung SMA Negeri 1 Beringin di Kabupaten Deli Serdang. Sebab, sudah tiga tahun ratusan siswa tersebut “terlantar” karena tidak memiliki gedung sekolah.

Hal itu disampaikan Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Sumatera Utara, Abyadi Siregar saat meninjau SMAN 1 Beringin, Sabtu (18/8/2018).

Abyadi pun sempat meninjau langsung kegiatan proses belajar para siswa. Mereka belajar dengan menumpang di Gedung SMP Negeri 1 Beringin. Abyadi Siregar juga meninjau lahan eks HGU PTPN II yang akan dijadikan lokasi bangunan SMAN 1 Beringin.

"Mereka masuk sore. Jadi, bisa lihat mereka belajar menumpang di gedung SMPN 1 Beringin," kata Abyadi.

Kunjungan tersebut dilakukan karena Abyadi merasa prihatin dengan para siswa yang melaksanakan upacara bendera Peringatan HUT RI ke-73 di lahan kosong sambil menangis. Ternyata, sudah tiga tahun SMAN 1 Beringin berdiri tanpa punya gedung sekolah. Untuk melaksanakan proses belajar mengajar, mereka menumpang di Gedung SMPN 1 Beringin.

“Saya prihatin melihat melihat sekolah ini. Mereka tidak punya gedung belajar. Proses belajar mengajar dilakukan dengan menumpang. Para siswa upacara di lahan pertapaan kosong yang akan menjadi lokasi bangunan. Padahal sudah 3 tahun mereka sekolah. Itu yang membuat saya harus melihat kondisi ini,” kata Abyadi, Sabtu (18/8/2018) malam.

Abyadi mengungkapkan, sejatinya sudah tidak ada kendala untuk membangun Gedung SMAN 1 Beringin tersebut karena semua persyaratan sudah terpenuhi.

“Sudah ada rekomendasi persetujuan dari PTPN II selaku pemilik lahan. Saya tanya Kadisdik Sumut, anggaran juga sudah ada untuk 2 ruangan. Lalu apa lagi? Tinggal menghubungkan saja saya kira, sehingga Gedung SMAN 1 Beringin ini dibangun,” kata Abyadi.

Abyadi berharap masalah ini harus menjadi perhatian serius oleh seluruh pengambil kebijakan, mulai dari Kepala Dinas Pendidikan hingga Gubernur Sumatera Utara karena sudah terlalu lama para siswa terlantar.

Halaman
12
Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved