Kapal Tenggelam

Awak Kapal dan 9 Turis Australia Selamat, Berjam-jam Berenang Terombang-ambing di Laut Nias

Turis warga negara Australia dan awak kapal KM Jaya ditemukan selama usai terombang-ambing di tengah. lautan

Awak Kapal dan 9 Turis Australia Selamat, Berjam-jam Berenang Terombang-ambing di Laut Nias
kkp.go.id
Ilustrasi 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Turis warga negara Australia dan awak kapal KM Jaya ditemukan selamat usai terombang-ambing di tengah lautan di perairan Pulau Sarangbaung, Kabupaten Nias Utara.

Mereka ditemukan selamat saat berenang di tengah laut untuk menyalamatkan diri masing-masing sementara kapal motor yang mereka tumpangi sudah tenggelam dihantam ombak.

Setelah sempat hilang kontak sejak Selasa (21/8/2018) kemarin, sembilan Warga Negara (WN) Australia beserta tiga Anak Buah Kapal (ABK) KM Jaya dikabarkan telah berada di Pulau Ujunglolok, Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, dalam keadaan selamat.

Informasi yang dihimpun, KM Jaya tenggelam di perairan sekitar Pulau Sarangalu, Kepulauan Banyak, akibat dihantam ombak.

Setelah beberapa jam terombang-ambing di laut, ABK dan sembilan WN Australia akhirnya dievakuasi oleh para kru dari salah satu resort yang ada di Pulau Ujunglolok, Kepulauan Banyak, menggunakan speedboat.

Koodinator Pos SAR Nias Tonggor Gultom mengatakan hal senada seperti informasi yang dihimpun Tribun Medan.

Pihaknya kini tengah berupaya menuju Kepulauan Banyak untuk memastikan kebenaran informasi tersebut.

"Info ada kita terima bahwa seluruh ABK dan turis Australia sudah dievakuasi dalam keadaan selamat ke Pulau Banyak. Namun belum ada info detail. Kita sudah arahkan potensi SAR kita yang di Kepulauan Banyak, tetapi mereka juga belum bisa turun ke lapangan untuk cross-check. Cuaca sedang buruk juga di sana," ungkap Tonggor via seluler, Kamis (23/8/2018).

Untuk diketahui, KM Jaya berpenumpang sembilan Warga Negara (WN) Australia hilang kontak di perairan Nias Utara, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (21/8/2018).

Kapal kayu tersebut dilaporkan hilang kontak saat berada di perairan Pulau Sarangbaung, Kabupaten Nias Utara, pada koordinat 1.6861730,97.4431632.

Halaman
123
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved