Terancam Dicoret, KPU Sudah Terima Lima Pengaduan soal Caleg Deliserdang

Karena laporan pengaduan itu orang-orang yang dilaporkan pun terancam tidak dapat dimasukkan dalam DCT.

Terancam Dicoret, KPU Sudah Terima Lima Pengaduan soal Caleg Deliserdang
Komisioner KPU Deliserdang, Bobby Indra Prayoga 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Indra Gunawan Sipahutar

TRIBUN-MEDAN.com,LUBUKPAKAM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Deliserdang hingga saat ini terus saja menerima laporan pengaduan dari masyarakat atas beberapa Calon Anggota Legislatif (Caleg) yang namanya sudah ditetapkan dan masuk dalam Daftar Calon Sementara (DCS).

Karena laporan pengaduan itu orang-orang yang dilaporkan pun terancam tidak dapat dimasukkan dalam Daftar Calon Tetap (DCT) oleh KPU Deliserdang.

Hal ini lantaran mereka dianggap tidak memenuhi persyaratan.

Komisioner KPU Deliserdang, Bobby Indra Prayoga mengatakan hingga saat ini sudah ada lima orang nama yang dilaporkan ke mereka. Sayangnya dengan alasan masih sedang dilakukan proses, Bobby tidak dapat memberitahukan satu persatu nama Caleg tersebut.

Disebut kalau partainya berasal dari Partai Nasdem, Hanura, PSI, PKPI dan Perindo.

"Kode etik kita, jangan sebut nama lah karena inikan masih proses. Ada yang karena ASN tapi tidak mengundurkan diri seperti pemberitaan yang sudah kalian buat lalu, ada juga yang tidak mengundurkan diri karena bekerja sebagai KAUR Desa dan juga ada yang masih bekerja sebagai pendamping Desa. Mereka-mereka itukan digaji oleh pemerintah setiap bulannya,"ujar Bobby Kamis, (23/8).

Selain karena itu, lanjut Bobby ada juga Caleg yang dilaporkan karena pernah terlibat tindakpidana penipuan. Karena tidak pernah diumumkan ke media massa akhirnya dilaporkan oleh masyarakat. Termasuk juga soal ijazah salah satu Caleg yang diduga ada persoalan.

" Jadi setelah kita terima laporan pengaduan dari masyarakat selanjutnya ya kita serahkan ke partainya agar partai dapat melakukan klarifikasi sama terlapor. Dan hasilnya akan diserahkan ke kita. Sekarang kita menunggu bagaimana partainya menyikapi hal itu lah. Kalau partai tidak mempersoalkan ya tidak masalah, begitulah PKPU nya,"kata Bobby.

Informasi yang dikumpulkan, laporan pengaduan yang pertama diterima KPU Deliserdang adalah Caleg dari Partai Nasdem dapil III Deliserdang, Raslan Sitompul.

Ia sebelumnya merupakan pejabat di lingkungan Pemkab Deliserdang yang menjabat sebagai Kepala Badan Pendapatan Daerah (Kabanpenda).

Ia dilaporkan karena tidak pernah mengajukan pengunduran diri ke Bupati untuk mendaftar Caleg ke partai.

Selanjutnya karena sudah berstatus sebagai kader Partai selanjutnya Raslan pun dicopot dari jabatannya dan diberhentikan dari ASN. Sementara dari Partai ia pun akan digantikan oleh calon lain.

(dra/tribun-medan.com)

Penulis: Indra Gunawan
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved