Suhu Capai Angka 35,4 Derajat BMKG Minta Warga Medan Hindari Paparan Langsung Matahari

Suhu panas di Kota Medan tercatat capai suhu maksimum yang tercatat sampai pukul 35,4 derajat celcius

Suhu Capai Angka 35,4 Derajat BMKG Minta Warga Medan Hindari Paparan Langsung Matahari
TRIBUN MEDAN/HO
Suasana hari yang panas membuat sebagian besar warga yang berada baik di Kota Medan dan Deliserdang terpaksa keluar rumah menggunakan payung, untuk menghindari panas yang menyengat. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / M Andimaz Kahfi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Cuaca panas menyengat kembali menyelimuti sebagian besar wilayah di Kota Medan, Sumatera Utara, Jumat (24/8/2018).

Forecaster atau Prakirawan Balai Besar Metereologi dan Geofisika (BBMKG) wilayah I Kota Medan Budi Prasetyo mengatakan bahwa suhu panas di Kota Medan tercatat capai suhu maksimum yang tercatat sampai pukul 35,4 derajat celcius, sedangkan di Bandara Kualanamu suhu capai 35,6 derajat celsius.

"Suhu panas saat ini masih dalam batas normal. Karena yang dikatakan cuaca ekstrim itu suhu berada di kisaran 38 derajat celsius," kata Budi, Jumat (24/8/2018)

"Kalau untuk hotspot atau titik panas di wilayah Sumut tidak ada. Panas ada 2 titik di Kota Riau, namun belum diketahui pasti apa penyebab titik panas tersebut," sambungnya.

Lebih lanjut, terkait kecepatan angin Budi menyebutkan kecepatan angin di maksimum staklim Deli Serdang tercatat 11-12 knot, terpantau pada pukul 11.30- 13.00 WIB.

 Anggi Petugas SPBU yang Dipukuli Oknum TNI Ternyata Anak Tentara Juga, Ini Kronologi dan Videonya

Ustaz Abdul Somad (UAS) Jadi Menteri jika Dukung Pasangan Ini, Sang Ustaz Jawab Blak-blakan!

Kemudian untuk kecepatan angin di Kualanamu angin maksimum tercatat 14 knot pada pukul 11.00 WIB. Dan angin dengan kecepatan di bawah 10 knot di wilayah Medan dan sekitarnya tercatat terjadi sekitar pukul 10.00- 14.30 WIB.

Diduga Supir Mengatuk, Bus Karya Agung Masuk Parit, 7 Penumpang Luka Hingga Patah Kaki

Anggota Paskibraka Nasional Berurai Air Mata Ceritakan Acuhnya Pemerintah Terhadap Prestasinya

BMKG mengimbau, bagi para pengendara yang akan berkendara, seperti yang mengendarai roda 2, tetap pakai jaket yang tidak terlalu tebal, karena hal ini bisa menyebabkan keringat yang mengucur dari pori-pori semakin cepat dan mengakibatkan dehidrasi.

 Ini Alasan Fachry Husaini Bawa Pemain U-16 ke Medan Sebelum Terbang ke Malaysia

Bagi para pengendara roda empat, sebaliknya saat mengendarai kendaraan dengan tingkat cahaya matahari yang cukup tinggi, pergunakanlah pelindung cahaya pada mata dengan kaca mata yang berwarna gelap atau menggunakan kaca film anti panas yang bisa menolak sinar ultraviolet.

(cr9/tribun-medan.com)

Penulis: M.Andimaz Kahfi
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved