4 Atlet Badminton Terbaik Versi Kevin Sanjaya, Ternyata Hanya Seorang dari Indonesia

Tiga dari empat nama yang disebutkan Kevin adalah pebulu tangkis yang berasal dari daratan China.

4 Atlet Badminton Terbaik Versi Kevin Sanjaya, Ternyata Hanya Seorang dari Indonesia
Kevin Sanjaya Sukamulyo 

TRIBUN-MEDAN.com-Kevin Sanjaya Sukamuljo berbicara tentang empat pebulu tangkis terbaik dunia pilihannya.

Dalam sebuah wawancara ekslusif dengan BolaSport.com, ganda putra nomor satu dunia ini mengungkapkan jika ada empat pebulu tangkis yang ia kagumi.

Tiga dari empat nama yang disebutkan Kevin adalah pebulu tangkis yang berasal dari daratan China.

"Lin Dan, Fu Haifeng, Zhang Nan," ujar Kevin.

Lin Dan adalah pemain bulu tangkis asal Republik Rakyat Tiongkok. Ia dua kali menjuarai Olimpiade, lima kali Kejuaraan Dunia, dan enam kali All England sehingga dianggap sebagai pemain bulu tangkis tunggal putra terbesar dalam sejarah.

Pebulu tangkis China, Lin Dan, tampil di Kejuaraan Dunia 2015 yang berlangsung di Jakarta, 14 Agustus 2015.
Pebulu tangkis China, Lin Dan, tampil di Kejuaraan Dunia 2015 yang berlangsung di Jakarta, 14 Agustus 2015. (FERNANDO RANDY/BOLA)

Fu Haifeng bersama rekannya Cai Yun telah memenangkan banyak kejuaraan tingkat atas kejuaraan All England Open Championships di tahun 2005 dan 2009 dan BWF World Championships pada tahun 2006, 2009, 2010 dan 2011. Cai dan Fu membantu China menang lima tahun berturut-turut atas piala Thomas Cup dan empat tahun berturut-turut Sudirman Cup.

Kakek Fu Haifeng, Fu Shiteng datang ke Indonesia pada umur 16 tahun untuk mengembangkan bisnis. Ayah Fu Haifeng, Fu Mingying lahir di Indonesia. Pada tahun 1961, seluruh keluarga Fu Haifeng hijrah kembali ke Tiongkok dikarenakan terjadi kerusuhan anti-Cina di Indonesia.

Pebulutangkis China, Cai Yun dan Fu Haifeng (depan), memukul bola saat melawan pasangan Indonesia, Hendra Setiawan/Angga Pratama, pada laga terakhir penyisihan Grup A Piala Sudirman, Selasa (21/5/2013).
Pebulutangkis China, Cai Yun dan Fu Haifeng (depan), memukul bola saat melawan pasangan Indonesia, Hendra Setiawan/Angga Pratama, pada laga terakhir penyisihan Grup A Piala Sudirman, Selasa (21/5/2013). (VINCENT THIAN/AP)

Zhang Nan (lahir 1 Maret 1990) adalah pemain bulu tangkis Cina yang berspesialisasi dalam ganda putra dan campuran. Dia menemukan banyak keberhasilan dalam ganda campuran dengan mantan mitranya, Zhao Yunlei.

Mereka memenangkan emas di Olimpiade Musim Panas 2012, tiga medali emas di Kejuaraan Dunia BWF di 2011,2014, 2015 dan emas di Asian Games 2014. Mereka dianggap sebagai salah satu pasangan campuran ganda paling sukses sepanjang masa.

Pasangan ganda campuran Tiongkok, Zhang Nan (kanan)/Zhao Yunlei (L), mengembalikan kok dari rekan senegara mereka, Xu Chen/Ma Jin, pada laga final Malaysia Terbuka di Putra Stadium, Bukit Jalil, Minggu (5/4/2015). Zhang/Zhao menang 21-16, 21-14.
Pasangan ganda campuran Tiongkok, Zhang Nan (kanan)/Zhao Yunlei (L), mengembalikan kok dari rekan senegara mereka, Xu Chen/Ma Jin, pada laga final Malaysia Terbuka di Putra Stadium, Bukit Jalil, Minggu (5/4/2015). Zhang/Zhao menang 21-16, 21-14. (AFP PHOTO/MANAN VATSYAYANA)

Selain para pebulu tangkis Negeri Tirai Bambu, Kevin ternyata juga sangat menghormati salah satu senior di pelatnas Indonesia.

Halaman
12
Editor: Liston Damanik
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved