Inspektorat Mulai Proses Pecat Hadisyam Hamzah Mantan Camat Percut Seituan yang Buron

Inspektorat Kabupaten Deliserdang akhirnya mulai menindaklanjuti dan memproses pemecatan Hadizam Hamzah

Inspektorat Mulai Proses Pecat Hadisyam Hamzah Mantan Camat Percut Seituan yang Buron
Tribun Medan / Indra Gunawan Sipahutar
Mantan Camat Percut Seituan Hadisyam Hamzah (kiri) dan Bupati Deliserdang Ashari Tambunan terlihat bersama saat menyerahkan piala Juara Umum MTQ kepada Kecamatan Percut Sei Tuan 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Indra Gunawan Sipahutar

TRIBUN-MEDAN.com, LUBUKPAKAM - Inspektorat Kabupaten Deliserdang akhirnya mulai menindaklanjuti dan memproses pemecatan Hadisyam Hamzah mantan Camat Percut Seituan yang saat ini sedang menjadi buronan Kejaksaan Negeri Deliserdang.

Hadisyam Hamzah sudah divonis oleh Mahkamah Agung dengan hukuman dua tahun penjara karena terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindakpidana korupsi untuk pembangunan gardu induk PLN tahun 2008 yang terletak di dusun VI Desa Petangguhan Kecamatan Galang ketika menjabat sebagai Camat Galang.

Kepala Inspektorat Deliserdang, Agus Mulyono mengatakan kalau dirinya sudah memerintahkan Sekretarisnya, Usron untuk meminta salinan putusan perkara Hadisyam ke Kejaksaan Negeri Deliserdang. Disebut salinan putusan itulah yang menjadi dasar untuk melakukan proses pemberhentiannya.

" Setelah kita dapat nanti salinan putusannya baru kita bawa ke tim terpadu. Tim terpadu itu ketuanya Bapak Sekda. Dari situ tau lah nanti sanksi apa yang tepat untuk dia (Hadisyam),"ujar Agus Mulyono Rabu, (12/8/2018).

Sementara itu Usron yang dikonfirmasi secara terpisah membenarkan kalau dirinya sudah mendapat perintah dari Agus untuk meminta salinan putusan ke Kejaksaan. Karena merasa ada lagi pihak yang berwenang untuk memberikan komentar kepada wartawan, Usron pun tidak bersedia mengomentari kasus ini lebih jauh.

" Ya memang saya sudah di suruh bos (Agus) untuk minta salinan putusannya sama Kejaksaan. Sudah saya suruh juga anggota untuk mengantarkan suratnya (permohonan) cuma untuk hari ini saya belum tau apakah sudah diantar sama anggota itu apa belum ke sana. Tidak nampak pula dia hari ini,"kata Usron.

Hadisyam Hamzah dicopot dari jabatannya sebagai Camat Percut Seituan sejak Agustus 2015. Di bulan Desember 2015 pihak Kejaksaan Negeri Deliserdang pun kemudian menerima salinan putusan kasusnya dari Mahkamah Agung.

Semenjak dicopot Hadisyam pun tidak pernah lagi masuk kantor dimana dirinya di jadikan staf di kantor Inspektorat Deliserdang. Semenjak itu Hadisyam pun menghilang.

(dra/tribun-medan.com)

Penulis: Indra Gunawan
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved