Jalur Layang Kereta Api Pertama di Sumut Ditargetkan Selesai di Akhir Desember 2018

Penyelesaian untuk pembuatan pemasangan Box Girder dan PCI Girder serta juga sedang melaksanakan pemasangan balas atau bantalan las rel

Jalur Layang Kereta Api Pertama di Sumut Ditargetkan Selesai di Akhir Desember 2018
Tribun Medan/Ayu Prasandi
Pekerja melakukan pengecekan jalur layang kereta api Medan-Bandar Kalifa yang ditargetkan rampung di akhir Desember 2018. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Ayu Prasandi

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN- Balai Teknik Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI) menargetkan jalur layang kereta api Medan-Bandar Kalifa akan rampung di akhir Desember 2018 mendatang.

Pejabat Pembuat Komitmen Medan 1 Balai Teknik Perkeretaapian, Fahrul Rifai Hasibuan, ditemui disela-sela pemantauan di jalur layang Stasiun Medan mengatakan, hingga saat ini, progress pengerjaannya sudah mencapai 91 persen.

“Saat ini sedang penyelesaian untuk pembuatan pemasangan Box Girder dan PCI Girder serta juga sedang melaksanakan pemasangan balas atau bantalan las rel yang sudah dilaksanakan dari daerah Mandala sampai ke arah stasiun Medan,” ujarnya, Kamis (13/9/2018).

Ia menjelaskan, Baltek memang menargetkan pengerjaan bisa diselesaikan pada akhir Desember mendatang dan saat ini untuk lintasan sudah bisa beroperasi. 

“Saat ini yang belum selesai yaitu Stasiun Medan, untuk pemasangan rel juga masih sekitar 5 kilometer lagi dan ada beberapa span atau tiang pemancang lagi yang belum diselesaikan,” jelasnya.

Ibu Muda Bunuh Diri Bareng Anak Usia 3 Tahun Usai Live Facebook, Ini Penjelasan Kapolsek AKP Wagito

Anggun C Sasmi Tegur Armand Maulana saat Celetuk soal Pernikahan

Kesal Pesanan Gak Kunjung Datang, Kepala Pelayan Ini Terluka Dilempar Pembeli Pakai Gelas

Ia menuturkan, total ada sekitar 213 tiang pemancang yang akan dibangun dan saat ini lebih kurang tersisa 51 tiang pemancang lagi yang belum dibangun dan akan segera dibangun.

“Untuk saat ini kendala untuk pengerjaan jalur layang tersebut tidak ada dan masih sesuai scedul yang telah ditentukan,” tuturnya.

Pilih Jokowi atau Prabowo? Pesan Ustaz Abdul Somad (UAS) dan Jawaban Terbaru soal Pilpres 2019

Ibu Muda Bunuh Diri Bareng Anak Usia 3 Tahun Usai Live Facebook, Ini Penjelasan Kapolsek AKP Wagito

Ia mengungkapkan, sisa pengerjaan sekitar 10 persen akan terus dikerjakan dan ditargetkan selesai dalam waktu empat bulan ke depan atau di Desember semua pengerjaan sudah bisa selesai dan bisa digunakan.

“Jalur kereta api bahwa nantinya akan tetap digunakan, hanya saja adanya jalur layang maka akan bisa meminimalisir kemacetan karena kedua jalur sudah bisa digunakan,” ungkapnya.

Camat Medan Tembung Sebut Sudah Sosialisasikan Soal Penertiban Lapak ke Pedagang

PSMS Kalah Lagi Peter Butler Tak Mau Salahkan Pemain, Sebut Pemain Butuh Motivasi

Ia menerangkan, halte menggunakan stasiun termasuk juga di Stasiun Medan, Stasiun Aras Kabu sudah selesai, Bandar Kalifa sudah selesai dan Stasiun Batangkuis juga sudah selesai sehingga sudah bisa digunakan.

“Jalur layang kereta api ini memiliki panjang sekitar 10,8 kilometer yaitu dari Mandala, Medan sampai ke arah Brayan,” terangnya.

Bawaslu Paluta Temukan Satu NIK yang Digunakan 47 Orang di Hutanopan, Coret Ribuan Pemilih Ganda

Karnaval Pesta Budaya Pakpak Bharat, ASN Berpakaian Adat Bawa Makanan Lokal Keliling Kota 

PLN Kebut Perbaikan Kabel Tegangan Tinggi yang Tertimbun Longsoran Pembangunan Underpass 

Ia mengatakan, pengerjaan rel sudah dilakukan 4 kilometer dan sisa sekitar 6 kilometer lagi yang hingga saat ini terus dikebut agar bisa selesai sesuai dengan scedul yang ditetapkan.

“Harapan kita masyarakat juga turun mendukung sehingga bisa dimanfatkan bersama di tahun 2019 mendatang dan menjadi suatu kebanggaan dan prestasi karena ini adalah jalur layang pertama di Sumut,” katanya.(pra/tribun-medan.com)  

Penulis: Ayu Prasandi
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved