Edisi Cetak Tribun Medan

Penerimaan CPNS Tertunda, Kementerian PAN-RB Belum Verifikasi Formasi 1.200 Orang

Para calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 untuk wilayah Sumatera Utara kemungkinan harus bersabar.

Penerimaan CPNS Tertunda, Kementerian PAN-RB Belum Verifikasi Formasi 1.200 Orang
Twitter/@BKNgoid
CPNS 2018 belum dibuka. (Twitter/@BKNgoid) 

MEDAN,TRIBUN-Para calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 untuk wilayah Sumatera Utara kemungkinan harus bersabar. Sebab penerimaan tertunda, dari seharusnya diumumkan Senin (17/9) kemarin.

Penyebabnya, formasi untuk 1.200 pegawai baru belum diverifikasi pemerintah pusat. Kepala Badan Kepegawaian Daerah Pemprov Sumut Kaiman Turnip mengatakan, masih menunggu keputusan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

"Kami masih menunggu verifikasi terkait penerimaan kali ini, lantaran hingga saat ini, keputusan belum juga dikeluarkan oleh pemerintah pusat. Ya, kemungkinan akan molor penerimaan kali ini," ujar Kaiman Turnip saat ditemui Harian Tribun Medan/daring Tribun-Medan.com, di ruang kerjanya, kantor Gubernur Jalan Pangeran Diponegoro, Kota Medan, Senin (17/9).

Sampai dengan 17 September, pemerintah pusat belum memverifikasi formasi yang akan diberikan kepada CPNS 2018 di wilayah Sumut. Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Sumut telah mengajukan jumlah kebutuhan akan sekitar 1.200 tenaga pegawai.

"Gini lah, nggak mungkin terkejar proses CPNS kali ini di Sumut, lantaran hingga saat ini verifikasi terhadap formasi juga belum dikeluarkan, dan juga situs sedang bermasalah, belum diperbaiki oleh mereka di sana," ujar Kaiman.

Verifikasi yang dimaksudnya Kaiman adalah berupa pengecekan dan klarifikasi terhadap pemberkasan CPNS. Dia menganggap penerimaan kali ada proses yang sangat paling ribet di antara penerimaan sebelumnya.

"Kita belum tahu juga kapan ini selesai. Saya nggak bisa pastikan kapan waktunya dan kapan pelaksanaannya terjadwal. Sementara itu, proses kali ini sangat ribet dari pada tahun sebelumnya," ucap Kaiman.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mengaku membuka lowongan pekerjaan untuk 1.200 calon penerimaan pegawai negeri sipil/calon aparatur sipil negara (CPNS/CASN). Penerimaan tenaga honorer juga akan dibuka kesempatan. Pendaftaran dilakukan serentak melalui laman dalam jaringan (online), Rabu, 19 September 2018.

"Ada sekitar 1.200 lebih akan kita terima sebagai PNS untuk pendaftaran kali ini. Untuk informasi berapa formasinya, masih belum selesai. Kami masih memverifikasi dulu mana yang kurang," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprov Sumut Kaiman Turnip, Sabtu (15/9).

Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 akan dibuka. Mestinya pendaftaran dapat dilakukan besok, Rabu 19 September 2018, portal pendaftaran resmi dibuka di sscn.bkn.go.id.

Halaman
123
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved