Perketat Seleksi, SMA Santo Thomas 1 Pasang Target Tembus Olimpiade Sains Nasional

Antusiasme siswa SMA santo Thomas 1 yang mengikuti seleksi olimpiade bisa dibilang di luar dugaan mereka.

Perketat Seleksi, SMA Santo Thomas 1 Pasang Target Tembus Olimpiade Sains Nasional
Tribun Medan/Chandra Simarmata
Ketua tim olimpiade SMA Santo Thomas 1 Medan Roy Fernando Nababan (kemeja putih) saat berfoto dengan siswa-siswi peraih medali olimpiade sains. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Chandra Simarmata

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN -SMA Santo Thomas 1 Medan melakukan seleksi yang cukup ketat dalam bentuk Olimpiade Sains Sekolah (OSS) untuk menjaring siswa-siswi yang akan diikutkan pada ajang olimpiade sains Nasional (OSN) di tingkat kota/kabupaten, provinsi, hingga tingkat nasional.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMA Santo Thomas 1, Maniur Rumapea mengatakan pada tahun ajaran 2018-2019 ini ada sekitar 550 orang siswa yang mengikuti OSS sebagai seleksi awal dan persiapan menuju ajang olimpiade sains Nasional.

"Tahun ini kita lakukan tahapan awal dalam bentuk Olimpiade Sains Sekolah tingkat SMA Santo Thomas 1 Medan yang diikuti lebih dari 550 orang. Peserta dari kelas X, XI yang mengikuti olimpiade bidang studi : Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Geografi, Kebumian, Komputer," ujarnya, Rabu sore (19/9/2018).

Maniur menambahkan, bahwa untuk tahun ini, Antusiasme siswa SMA santo Thomas 1 yang mengikuti seleksi olimpiade bisa dibilang di luar dugaan mereka.

Kegiatan ini, sambungnya, dilakukan untuk mempersiapkan anak didik secara akademik, khususnya di bidang olimpiade sains secara berjenjang, mulai OSK, OSP, OSN.

Istri Dibantu Selingkuhan Bunuh Suami, Tak Terima Uang Belanja Rp 200 Ribu Sebulan

5 Fakta Finalis Indonesian Idol 2008 Dede Richo asal Medan Ditembak, Terlibat Kejahatan Bobol Mobil

Dituding Sebarkan Islam Nusantara, Ketua GP Ansor Langkat: Kami Enggak Terima Salat pun Ditolak!

"Pelaksanaan OSS ini adalah kerja sama dengan Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI) propinsi Sumut. Dari hasil tes OSS maka diperoleh 4 orang nilai tertinggi dari masing-masing bidang studi," imbuhnya.

Kondisi Bayi yang Mengalami Pembengkakan Semakin Baik, Luka Mulai Kempis dan Mengering 

BNN Tangkap Pemilik 31 Kilogram Sabusabu di Tanjungbalai

Sementara itu, diwawancara terpisah, Roy Fernando Nababan selaku ketua tim olimpiade SMA Santo Thomas 1 Medan mengatakan untuk Tahun ajaran 2018-2019 ini, rencananya akan mengutus 4-5 orang siswa per bidang studi. Meski, Jumlah ini lebih sedikit dibanding Tahun ajaran 2017-2018 dimana kontingen siswa yang diutus ada sebanyak 72 orang, namun Roy menargetkan jumlah medali lebih banyak.

"Jadi dengan 9 bidang studi kita mengutus dari yang sudah kita saring sekitar 45 orang nantinya. Tahun ini lebih sedikit diutus karena dari hasil seleksi ketat. Sedikit yang diutus tapi semua dapat, daripada banyak yang diutus tapi sedikit dapat (medali)," terangnya.

Aries Membuat Rencana dengan Sempurna, Cancer Pikir Dua Kali Sebelum Bertindak

Menderita TBC, Hendratno Ditemukan Meninggal di Dalam Kamar

Terkait  target olimpiade kata Roy, pihaknya menargetkan tahun ini untuk tiap bidang studi, SMA Santo Thomas 1 mampu mengirim perwakilan hingga di tingkat nasional.

Sedangkan untuk target jumlah medali, dia  mengatakan dari 4-5 siswa yang diutus per bidang studi diharapkan semuanya dapat medali baik itu emas atau perak, maupun perunggu.

Untuk mencapai target itu pihaknya pun  sudah mulai dari sekarang mempersiapkan diri dengan melakukan kegiatan pembinaan, pembelajaran dan menjalin kerjasama dengan beberapa tim lembaga olimpiade yang ada di kota Medan.

"Olimpiade Tahun ajaran ini kita punya target besar. Belajar dari tahun sebelumnya dimana anak Didik kita hanya sampai ditingkat provinsi, tahun ini kita targetkan untuk masing-masing bidang studi setidaknya ada yang mewakili satu orang ke tingkat nasional," ujarnya.

(Cr11/Tribun-medan.com)

Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved