Hobi Nonton Film CHIPS saat Kanak-kanak, Aris Fianto Kini Jabat Kasat Narkoba Polres Binjai

Tapi kok pelan-pelan jatuh hati ingin di kepolisian, yang saya lihat polisi santai bisa bekerja sambil membantu dan dekat masyarakat

Hobi Nonton Film CHIPS saat Kanak-kanak, Aris Fianto Kini Jabat Kasat Narkoba Polres Binjai
Tribun Medan / Dedy Kurniawan
Kasat Narkoba Binjai, AKP Aris Fianto ditemui tribun-medan.com usai menjalankan salat Jumat berjemaah di Mapolres Binjai, Jumat (21/9/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.com, BINJAI - Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Binjai, AKP Aris Fianto memulai karier kepolisian sejak menyandang pangkat Ipda hingga Ajun Komisaris Polisi di wilayah Hukum Polres Asahan, Aris pernah memegang tongkat komando sebagai Kapolsek Bandar Pulau.

Sambil berbincang santai bersama tribun-medan.com, usai salat Jumat berjemaah, Aris Fianto yang terlihat mengenakan gamis serba putih, bercerita pengalamannya sebelum menjadi anggota Polri.

Aris Fianto pria bersuku Jawa ini mengaku awalnya lebih jatuh hati ingin menjadi anggota TNI. Sejak kecil Aris mengagumi TNI yang terlihat gagah dan berani, apalagi dengan seragam dan persenjataannya.

Namun cita-citanya menjadi TNI memudar, Aris Alumnus Fisip Universitas Iskandar Muda jurusan Administrasi Negara ini, malah perlahan-lahan lebih jatuh hati ingin jadi anggota Polri karena image Polri lebih bisa berbaur di tengah-tengah masyarakat.

"Sebenarnya dulu jadi TNI, karena gagah berseragam sebagai pasukan pemebela negara. Tapi kok pelan-pelan jatuh hati ingin di kepolisian, yang saya lihat polisi santai bisa bekerja sambil membantu dan dekat masyarakat, humanis dan mulia. Selain itu zaman jadul dulu saya punya memori karena nonton film Chips pas anak-anak" katanya.

Sosok Pramugari Cantik Boru Batak yang Digoda Hotman Paris di Pesawat Emirates Airlines

Reaksi Menohok Ketua Dakwah MUI Sasar Hidayat Nur Wahid yang Sebut Sandiaga Kualifikasi Ulama

Gatot Nurmantyo Menyasar Panglima TNI dan KSAD: Paling Copot Jabatan bukan Copot Nyawa

Ini Identitas Mahasiswa Terluka Usai Demo Berujung Ricuh, Kepala Memar & Robek

Film Chips sempat tersohor pada era 1977 hingga 1983, film series yang tayang di televisi, yang menceritakan latar sosok dua anggota polisi bergenre aksi komedi karya Rick Rosner.

Katanya, zaman dahulu bisa langsung masuk polisi tanpa tes berulangkali, dan langsung lulus, dengan modal diri pribadi, tanpa ada suap-suap seperti anggapan miring yang ada di masyarakat. Ia juga membantah jika masuk kepolisian ada nepotisme.

Anggota DPRD Minta Polisi Tangkap Aktor Intelektual Bentok Massa Pro dan Kontra Pemerintah

Polisi Tangkap Sity Aisyah saat Nongkrong di Pinggir Jalan, Ini yang Ditemukan di Pakaiannya

Kondisi Keuangan Gemini sedang Tidak Baik, Leo Berhati-hati Mengambil Keputusan

Kapolda Sumut Jenguk Korban Bentrok Pro dan Kontra Jokowi di RS Bhayangkara

"Saya tes saja waktu itu, syukurnya langsung lulus sejak pertama kali. Saya yakin saja siapkan diri tingkatkan wawasan dan latihan fisik untuk ikuti seleksi masuk Polri," ujar mantan Kasat Reskrim Polres Binjai ini.

Tak sungkan, Aris juga mengungkapkan bahwa dia bukan berasal dari orang yang punya kekuatan ekonomi berlebih. Dia hanya anak dari seorang ayah pekerja pabrik. Sedangkan ibunya seorang penjual nasi di warung. Kehidupan nan sederhana pun membentuk karakter Aris Fianto.

Sipir Diciduk BNN Sesaat Setelah Terima Paket Narkoba di Teras Lapas Lubukpakam

Rudapaksa Anak di Bawah Umur Sudiono Ditangkap Anggota Polres Dairi

Sipir Diciduk BNN Sesaat Setelah Terima Paket Narkoba di Teras Lapas Lubukpakam

Rektor Unika Bangga Mampu Gelar Seminar Internasional Agribisnis, ICAFAT 2018

"Orang tua saya mendukung, Mamak dulu hanya jualan nasi pinggir jalan, almarhum ayah saya kerja di pabrik sampai jadi kepala bagian mesin. Tahu saya lulus tes polri hingga sekarang, Mamak gak pernah takut soal resiko kerja, jadi dukung sepenuhnya," ungkapnya.

(Dyk/tribun-medan.com)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved