Kirab Obor Asian Para Games 2018 di Medan, Disambut Tari Melayu

Pawai Kirab obor Asian Para Games 2018 diawali dari Marapen Solo, Ternate, Makasar, Bali dan Pontianak

Kirab Obor Asian Para Games 2018 di Medan, Disambut Tari Melayu
Kirab obor Asian Para Games 2018 di Medan, disambut tari Melayu. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / M Andimaz Kahfi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pawai Kirab obor Asian Para Games 2018 diawali dari Marapen Solo, Ternate, Makasar, Bali dan Pontianak, kini lentera api yang menyala pada Obor tiba di Kota medan, Sabtu (22/9/2018).

Kedatangan Pawai Kirab obor Asian Para Games 2018, disambut tarian sekapur sirih khas adat melayu di halaman Kantor Gubernur Sumatera Utara.

Lentera api yang menyala pada obor Asian Para Games 2018 itu semakin terasa hangat di genggaman ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari saat disambut dengan tarian sekapur sirih khas Adat Melayu dihadapan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi serta sejumlah Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengaku sangat mengapresiasi dan bersemangat menyambut kedatangan Obor Asian Para Games 2018.

"Ini merupakan hari bersejarah bagi Rakyat Sumatera Utara khususnya Kota Medan yang di singgahi api obor ajang olahraga paling bergengsi di Asia," kata Edy, Sabtu (22/9/2018).

"Pada sore ini kita bisa menyaksikan bersama obor didepan kita. Menandakan bahwa semangat kita dalam melaksanakan olahraga seperti obor yang berpancar dan apinya langsung dari solo," sambungnya.

Kirab obor Asian Para Games 2018 di Medan, disambut tari Melayu.
Kirab obor Asian Para Games 2018 di Medan, disambut tari Melayu. ()

Masih kata Edy, Sumut dikenal dengan keragaman suku bangsa serta toleransi tinggi antar umat beragama dan juga merupakan provinsi yang ramah terhadap penyandang disabilitas.

"hal ini di buktikan dengan keberhasilan para atlet disabilitas sumatera utara menduduki peringkat ketiga nasional pada Pekan Para Olimpic nasional di Jawa Barat," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum INAPGOC Raja Sapta Oktohari juga mengaku senang dan berterima kasih terhadap sambutan kedatangan Obor Asian Para Games 2018 di Medan yang merupakan sejarah bagi Masyarakat Sumatera Utara Khususnya Kota Medan.

"Kita semua merupakan saksi sejarah pelaku sejarah karena belum tentu 50 tahun lagi api ini kembali ke kota medan sehingga api ini kami harapkan bisa dipergunakan dan dimanfaatkan sebaik baiknya," katanya

"Kami laporkan juga dengan bangga ada 7 anak medan yang akan berlaga di Asian Para Games 2018 dua diantaranya telah mendapatkan prestasi berhasil meraih medali emas pada Asian Para Games di Kualalumpur kemarin," sambungnya

Kirab Pawai Obor Asian Para Games 2018 itu juga langsung diserahkan Gubernur Edy Rahmayadi kepada Wali Kota Medan Dzulmi Eldin untuk Melaksanakan Kirab Pawai Minggu (22/09/2018) besok.

Perlu diketahui, Asian para games merupakan kegiatan olahraga yang paling bergengsi di asia untuk disabilitas dan merupakan yang kedua di dunia setelah para olimpic ini juga momentum bersejarah karna indonesia di percaya menjadi negara ketiga tuan rumah asian para games 2018.

(cr9/tribun-medan.com)

Penulis: M.Andimaz Kahfi
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved